Bos The Fed: Dolar Digital Bisa Sikat Uang Kripto

Tech - NBP, CNBC Indonesia
15 July 2021 12:55
Powell: Saya Tidak Akan Mundur!

Jakarta, CNBC Indonesia - Gubernur Federal Reserve (The Fed) Jerome Powell mengatakan salah satu argumen terkuat bagi bank sentral Amerika Serikat (AS) membuat uang digital adalah untuk melemahkan kebutuhan akan kebutuhan pada uang alternatif yang tidak dikelola bank sentral seperti cryptocurrency (uang kripto) dan stablecoin.

Pernyataan ini disampaikan Jerome Powell dalam sidang Kongres AS menjawab pertanyaan apakah memiliki uang digital yang diterbitkan The Fed akan menjadi alternatif yang layak daripada memiliki banyak cryptocurrency dan stablecoin dalam sistem pembayaran AS, yang berlangsung Rabu (14/7/2021) waktu setempat.

"Saya pikir itu mungkin masalahnya dan saya pikir itu salah satu argumen yang ditawarkan untuk mendukung mata uang digital," ujar Jerome Powell seperti dilansir dari Reuters, Kamis (15/7/2021).


"Dengan uang digital yang diterbitkan bank sentral, Anda tak memerlukan stablecoin, Anda tidak akan membutuhkan cryptocurrency jika memiliki uang digital AS. Saya pikir itu adalah satu satu argumen kuat yang mendukungnya.

The Fed sendiri sudah mengeluarkan makalah tentang uang digital yang diterbitkan oleh bank sentral atau central bank digital currency (CBDC). Pada September ini akan ditentukan apakah The Fed harus mengeluarkan CBDC.

Jorome Powell mengatakan dia skeptis uang kripto akan menjadi alat pembayaran utama di Amerika Serikat tetapi menyebut stablecoin mungkin mendapatkan lebih banyak daya tarik.

Dia juga mengarisbawahi untuk stablecoin perlu lebih banyak regulasi sebelum mengambil peran dalam sistem keuangan. Stablecoin adalah uang digital yang diikat dengan mata uang resmi sebuah negara seperti dolar, Euro, yen, hingga rupiah.

"Kami memiliki kerangka peraturan yang cukup kuat seputar simpanan bank, misalnya, atau reksadana pasar uang," kata Jerome Powell. "Hal itu tidak ada pada stablecoin saat ini, dan jika mereka akan menjadi bagian penting dari sistem pembayaran maka kami memerlukan kerangka peraturan yang sesuai."

Jerome Powell menegaskan kembali bahwa The Fed ingin bergerak maju dengan mengembangkan CBDC, itu akan berkonsultasi dengan Kongres dan publik. Dia mengulangi pandangannya bahwa sebagai pemegang mata uang cadangan dunia, akan lebih penting bagi Amerika Serikat untuk "melakukannya dengan benar" daripada bergerak cepat.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading