Cara Melacak HP Hilang Buat Android dan iPhone

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
19 July 2021 14:45
A man with headphones looks at his mobile phine at the IFA consumer electronics fair in Berlin, Germany, September 4, 2019. REUTERS/Hannibal Hanschke

Jakarta, CNBC Indonesia - Mungkin diantara kamu pernah mengalami hilang HP, baik yang memang lupa menaruh atau hilang dicuri. Kita pasti berusaha mencari cara untuk melacak HP itu agar bisa kembali ke tangan kita.

Sebenarnya ada sejumlah cara bagi pengguna untuk mencari ponsel yang hilang. Beberapa diantaranya mengandalkan aplikasi bawaan dari perangkat itu. Mungkin nanti dibutuhkan saat kebingungan mencari HP yang hilang, berikut beberapa cara melacaknya:

Android


Bagi pengguna ponsel Android bisa menggunakan layanan Find My Device dari Google. Pihak perusahaan dalam laman Support menuliskan ada sejumlah syarat untuk bisa menemukannya yakni dalam keadaan menyala, masuk ke akun Google, terhubung dengan data seluler atau Wifi, terlihat di Google Play, aktifkan lokasi dan aktifkan Find My Device.

Cara pertama masuk ke laman android.com/find. Di sana bisa melakukan aktivitas temukan, kunci atau hapus dari jarak jauh. Berikut caranya:

  • Buka android.com/find. Lalu masuk ke Akun Google, apabila memiliki lebih dari satu telepon, klik telepon yang hilang di bagian atas layar. Jika ponsel yang hilang punya lebih dari satu profil penguna, masuk dengan Akun Google yang ada di profil utama.
  • Ponsel yang hilang mendapat notifikasi.
  • Pada peta akan ada informasi lokasi ponsel. Namun erlu diingat lokasi merupakan perkiraan dan mungkin tidak akurat. Jika ponsel tidak ditemukan bisa melihat lokasi terakhir yang diketahui, jika tersedia.
  • Terdapat pilihan di bagian bawah layar.
    a.putar suara untuk membunyikan ponsel dengan volume penuh dalam lima Menit walaupun ponsel dalam keadaan silent atau getar.
    b.perangkat aman: mengunci ponsel dengan Pin, pattern atau password. Jika tidak memiliki kunci dapat juga diatur. Untuk membantu seseorang mengembalikan ponsel, bisa menambahkan pesan atau nomor ponsel di layar kunci.
    c.hapus perangkat: ini bisa menghapus semua data di ponsel secara permanen, namun mungkin tidak menghapus di SD Card. Setelah dihapus maka Find My Device tidak berfungsi.

Pilihan lain bagi sejumlah smartphone Samsung adalah menggunakan layanan Find My Mobile. Dengan cara ini yakni bisa mencari, mengunci, atau menghapus ponsel yang hilang.

Pemilik ponsel memerlukan akun Samsung dan opsi Remote Conrols diaktifkan dalam perangkat. Untuk memeriksa dan melihat apakah Find My Mobile tersedia dalam smartphone kamu, ikuti langkah berikut:

  • Buka Settings > Biometrics & Security.
  • Jika menemukan Find My Mobile dalam menu, kamu bisa menggunakan layanannya.
  • Setelahnya aktifkan opsi Remote Control dengan menuju ke Settings > Find My Mobile > Remote Controls.

iPhone

Apple memiliki aplikasi bernama Find My iPhone untuk membantu menemukan iPhone yang hilang. Aplikasi telah diinstal di setiap perangkat iiOS dan menampilkan onsel yang hilang pada peta untuk membantu menemukan dan mengelolanya, dikutip Digital Trends, Senin (19/7/2021).

Satu persyaratan nya adalah kamu menggunakan ponsel, tablet atau komputer iOS lain yang memiliki Find My iPhone. Berikut cara menggunakannya:

  1. Klik Settings > Nama Apple ID > Find My.
  2. Ini akan membawa ke Fing My dimana kamu bisa menyalakan Find My iPhone jika dalam keadaan mati.
  3. Setelah itu, aktifkan Enable Offline Finding dan Send Last Location. ini akan membantu mengirimkan lokasi terakhir ponsel dalam layanan internet jika iPhone mati.
  4. Lalu kembali ke Settings ? Apple ID dan scroll layar untuk melihat seluruh perangkat dalam daftar. Klik perangkat yang hilang dan lalu akan dibawa ke laman Device Info untuk langsung mencarinya.
  5. Klik Find My dan tekan Show in Find My iPhone dan akan terlihat perta lokasi tepatnya dan cara untuk ke lokasi itu.
  6. Layanan juga memberikan pilihan agar ponsel dapat mengeluarkan suara, menandai jadi perangkat yang hilang dan mengirimkan pesan ke telepon dalam mode hilang.
  7. Terdapat juga opsi menghapus perangkat apabila jatuh ke tangan yang salah.

iPhone dapat mempertahankan keamanan yang tinggi saat dirampok. Yakni dengan menggunakan Activation Lock, dan mengaktifkannya secara default, Activation Lock mengharuskan untuk mengklik Apple ID dan password sebelum menonaktifkan Find My iPhone, menghapus perangkat atau mengaktifkannya lagi. 


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading