Wah, Harga Ivermectin di Toko Online Capai Rp650 Ribu!

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
01 July 2021 11:20
Ilustrasi/ Ivermectin/ Aristya Rahadian Foto: Ilustrasi/ Ivermectin/ Aristya Rahadian

Jakarta, CNBC Indonesia - Ivermectin digadang bisa membantu pengobatan Covid-19. Kabarnya harga obat cacing itu juga tak mahal yakni sekitar Rp5000-Rp7000 per tablet.

Namun tak lama setelah Badan POM menyetujui uji klinis Ivermectin, obat itu diperdagangkan di sejumlah e-commerce Indonesia dengan harga yang cukup tinggi. Di sejumlah e-commerce ditemui satu strip berisi 10 tablet dijual dari Rp200 ribu hingga Rp600 ribu.

Pantauan CNBC Indonesia, Kamis (1/7/2021), sejumlah penjual bahkan menambahkan Ivermectin sebagai obat Covid-19. Penjual berasal dari berbagai daerah misalnya Jakarta, Semarang dan juga Bandung.

Shopee misalnya sejumlah toko menjual obat itu seharga Rp250 ribu hingga Rp450 ribu. Bahkan salah satu toko memasang keterangan jika obat habis.

Di Blibli dijual dengan harga Rp350 ribu hingga Rp650 ribu untuk satu strip isi 10 tablet. Sementara di Bukalapak, Ivermax 12mg dijual dengan harga Rp395 ribu hingga Rp400 ribu.

Sedangkan di Tokopedia harganya berkisar Rp300 ribu hingga Rp425 ribu. Pencarian Ivermectin di sejumlah ecommerce ini juga cukup mudah sebenarnya dengan menggunakan kata kunci Ivermectin.

Namun pembelian secara bebas sebenarnya sudah diimbau pihak Badan Pengawas Obat dan Makanan. Sebelumnya, Kepala Badan POM, Penny Lukito mengatakan obat itu merupakan obat keras dan harus menggunakan resep dokter.

Dia mengatakan masyarakat tidak membeli obat itu secara bebas. Termasuk melalui platform online secara ilegal.

"Kami mengimbau masyarakat tidak membeli Ivermectin secara bebas tanpa resep dokter, termasuk melalui platform online secara ilegal," ujar Penny Lukito.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

BPOM: Ivermectin Obat Keras, Jangan Beli Tanpa Resep Dokter


(dru)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading