Jangan Kaget, Elon Musk Minta Ini untuk Kado Ulang Tahunnya

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
29 June 2021 19:49
elon musk Foto: courtesy CNBC

Jakarta, CNBC Indonesia - Elon Musk memang baru saja berulang tahun ke-50 pada Senin (28/6/2021). Ternyata, Bos SpaceX meminta hal tak terduga untuk kado ulang tahunnya kali ini.

Beberapa hari sebelumnya, salah satu follower akun Twitternya bertanya apa yang diinginkan Elon Musk untuk ulang tahunnya. Dia pun hanya membalas dengan menuliskan sebuah roket.

"Starship Super Heavy," tulis Elon Musk.


Namun memang tidak ada penjelasan lebih lanjut soal jawaban itu. Banyak spekulasi soal 'kado' yang diinginkan Musk itu, salah satunya adalah penerbangan orbital untuk Starship Super Heavy.

Sayangnya, uji coba orbital pertama sistem roket generasi baru SpaceX yang bisa digunakan kembali itu tak terjadi kemarin. Uji coba baru dilakukan kemungkinan beberapa minggu mendatang, seperti dikutip dari Digital Trends, Selasa (29/6/2021).

Hal itu diinformasikan oleh Presiden SpaceX Gwynne Shotwell. Dia mengatakan, uji coba Starship Super Heavy ini akan dilakukan Juli mendatang. Jadi, kemungkinan besar ini memang bisa menjadi hadiah ulang tahun Musk yang terlambat.

CNBC menyebutkan, pengumuman Shotwell dilakukan dihadapan Konferensi Pengembangan Antariksa Internasional secara virtual, Shotwell mengumumkan waktu uji coba sistem roket. Nantinya, pesawat luar angkasa Starship berada di atas Super Heavy.

Dia mengatakan, para insinyur SpaceX "berada di puncak menerbangkan sistem itu" dan berharap hal itu bisa berhasil.

"Namun kita semua tahu ini sulit," katanya.

Mei lalu, SpaceX berhasil menerbangkan dan mendaratkan Starship dalam uji coba terbang dalam ketinggian. Upaya itu mengikuti empat penerbangan sebelumnya yang berakhir gagal sewaktu roket meledak saat mendarat.

Sementara itu, hingga sekarang Roket Super Heavy belum pernah melakukan penerbangan sama sekali.

Rencananya Starship Super Heavy akan bekerja untuk mengangkut kargo dan awak mencapai 100 orang ke bulan, Mars dan bahkan kemungkinan untuk jarak yang lebih jauh lagi.

Booster Super Heavy SpaceX ditenagai oleh 31 mesin Raptor. Sedangkan Starship memiliki enam mesin Raptor untuk perjalanan independent dan memungkinkan pendaratan tegak di Bumi dan planet lain.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

AS Selidiki Meledaknya Roket Elon Musk Saat Mendarat, Kenapa?


(wia)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading