Internasional

To The Moon, Jeff Bezos Nyetir Roket Sendiri Terbang ke Bulan

Tech - Tommy Patrio Sorongan, CNBC Indonesia
08 June 2021 08:31
Founder, Chairman, CEO and President of Amazon Jeff Bezos speaks during an event about Blue Origin's space exploration plans in Washington, U.S., May 9, 2019. REUTERS/Clodagh Kilcoyne

Jakarta, CNBC Indonesia - Pendiri Amazon, Jeff Bezos, akan mengendarai roketnya sendiri untuk mencapai bulan pada 20 Juli mendatang. Jeff mengumumkan niatnya tersebut Senin (7/6/2021).

Meski demikian, dalam misinya, manusia terkaya di dunia itu, tak akan sendiri. Ia akan mengajak adik laki-lakinya, Mark, seorang investor dan petugas pemadam kebakaran sukarela demi membuat perjalanan tersebut lebih bermakna.


"Untuk melihat Bumi dari luar angkasa, itu mengubah Anda. Itu mengubah hubungan Anda dengan planet ini, dengan umat manusia. Itu satu Bumi," kata Bezos dalam sebuah posting Instagram dilaporkan Associated Press (AP).

"Saya ingin melakukan penerbangan ini karena itu adalah hal yang ingin saya lakukan sepanjang hidup saya. Ini adalah petualangan. Ini urusan besar bagi saya."

Bezos bersaudara itu akan menggunakan roket besutan Blue Origins, yang juga merupakan perusahaan Jeff Bezos. Bagi Blue Origins, peluncuran yang mengikutkan Bezos bersaudara ini merupakan peluncuran pertama setelah 15 kali uji.

Roket akan diluncurkan dari sebuah wilayah terpencil di Texas Barat, bersama seorang pemenang lelang amal online. Belum ada kabar tentang siapa lagi yang mungkin mengisi kapsul berkapasitas enam orang itu.

Penerbangan akan memiliki durasi 10 menit. Penumpangnya akan dibawa ke ketinggian sekitar 65 mil (105 kilometer), tepat di luar tepi ruang angkasa,dan kemudian kembali ke Bumi..

Jeff akan mengundurkan diri sebagai CEO Amazon 15 hari sebelum peluncuran. Ia mengumumkan bulan lalu bahwa ia ingin menghabiskan lebih banyak waktu di perusahaan roketnya serta surat kabarnya, The Washington Post.

Penerbangan Bezos bersaudara ini diketahui menambah panas kompetisi menuju luar angkasa yang dilancarkan perusahaan swasta. Pesaing Blue Origins, SpaceX milik Elon Musk, merencanakan penerbangan pertamanya pada bulan September.

Keduanya juga diketahui sedang berkompetisi untuk menggarap proyek pesawat ulak-alik kargo untuk kepentingan pengangkutan Pentagon.


[Gambas:Video CNBC]

(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading