Bos Apple: Android Punya Malware 50 Kali Lipat dari iOS

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
18 June 2021 18:55
Penjualan perdana jajaran iPhone 11 di Indonesia. (CNBC Indonesia/Tri Susilo)

Jakarta, CNBC Indonesia - Bos Apple, Tim Cook membandingkan Android dengan iOS. Dia menuturkan Android memiliki malware hampir 50 kali lebih banyak dari sistem operasi milik perusahaannya itu.

"Android memiliki malware 47 kali lebih banyak daripada iOS," kata Tim Cook pada acara startup dan teknologi terbesar di Eropa, VivaTech yang dikutip laman The Sun, Jumat (18/6/2021).

Menurutnya keamanan itu karena adanya perlindungan kuat dari Apple. Dengan begitu pengguna terlindungi dari para peretas keamanan online.


Tim Cook menjelaskan semua aplikasi akan ditinjau sebelum akhirnya masuk ke toko aplikasinya, App Store. "Itu yang membuat banyak malware keluar dari ekosistem kami," klaim Tim Cook.

Dalam kesempatan yang sama,Tim Cook juga ditanya pendapat adanya peningkatan pengawasan regulasi Apple dari AS dan Uni Eropa. Terdapat kekhawatiran mengenai Apple yang mengontrol ekosistem dan memaksa pengguna mengunduh aplikasi melalui App Store.

Dengan cara ini, dikabarkan Apple mengambil potongan hingga 30% pembelian dalam aplikasi. Hal tersebut membuat Apple mendapatkan gugatan besar belum lama ini.

Salah satu saran untuk masalah ini adalah Apple harus mengaktifkan 'sideloading'. Dengan begitu aplikasi dapat diunduh langsung dari internet.

Opsi ini ada dalam ponsel Android, namun belum ada untuk iPhone. Sayangnya proses itu tidak memiliki perlindungan yang disediakan yakni sistem anti-malware pada toko aplikasi.

Selain itu, Tim Cook mengatakan sideloading akan membawa lebih banyak malware pada iOS. Wawancara itu juga menyinggung soal privasi di Apple, yang menurutnya telah menjadi fokus selama lebi dari satu dekade dan perusahaan melihatnya sebagai dasar dari hak asasi manusia.

Dia mengungkapkan pendahulunya Steve Jobs pernah mengatakan secara sederhana privasi adalah izin otomatis yang didapatkan saat seseorang mendaftar ke sebuah aplikasi.

"Dan izin itu harus ditanyakan berulang kali. Kami selalu coba untuk terus memenuhi itu," ungkap Tim Cook.


[Gambas:Video CNBC]

(dob/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading