Mau Dipakai RI, Vaksin Ini Efektif Lawan Varian Covid Beta

Tech - roy, CNBC Indonesia
14 June 2021 13:40
Dok Novavax

Jakarta, CNBC Indonesia - Vaksin Covid-19 buatan Novavax disebut efektif melawan varian corona Beta yang pertama kali diidentifikasi di Afrika Selatan dalam uji klinis yang dilakukan perusahaan.

Vaksin Covid-19 bernama NVX-CoV2373 ini sedang dalam tahap uji coba tetapi belum digunakan oleh negara manapun karena izin belum diajukan. Kementerian Kesehatan sendiri telah memasukkan vaksin Novavax sebagai salah satu vaksin Covid-19 yang akan digunakan di Indonesia.

Novavax mengatakan pada penelitian pada tikus dan babun ditemukan bahwa vaksin yang secara khusus menargetkan varian Afrika Selatan yang sekarang dikenal sebagai Beta menghasilkan respons dan perlindungan kekebalan, dan diharapkan untuk melakukan pengujian klinis lebih lanjut dari vaksin yang berfokus pada varian Beta pada musim gugur.


Dalam uji serum darah pada tiga puluh relawan dalam tahap menengah, mereka yang menerima dosis vaksin Covid-19 kedua ditemukan respons antibodi yang kuat terhadap versi asli corona serta varian alpha yang pertama kali ditemukan di Inggris.

Namun, respons terhadap varian Beta sedikit kurang, kata Novavax, seperti dikutip dari Reuters, Senin (14/6/2021).

European Medicines Agency memulai tinjauan bergulir dari vaksin Novavax pada bulan Februari. Data dari uji coba penting AS dan Meksiko diharapkan akan dirilis pada kuartal ini.

Perusahaan mengatakan data baru tersedia di server pracetak online bioRxiv dan telah dikirimkan untuk ditinjau oleh rekan sejawat.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading