Biar Paham! Ini yang Buat WhatsApp Delete Akun Kamu

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
10 June 2021 07:10
WhatsApp

Jakarta, CNBC Indonesia - Ternyata WhatsApp memiliki kemampuan untuk menghapus akun penggunanya. Terdapat dua kategori yang membuat akun dihapus tanpa campur tangan penggunanya.

Penghapusan itu berdasarkan jangka waktu aktif dan cara mereka mengaktifkannya. WhatsApp membaginya dalam dua kategori waktu yakni tidak aktif selama 120 hari dan 45 hari.

Untuk mengetahui syarat akun dihapus, berikut informasinya dikutip dari Wabetainfo, Kamis (10/6/2021):


Lama Tidak Aktif

Akun yang tidak aktif selama 120 hari, maka akan dihapus oleh WhatsApp. Jika masih ingin menggunakannya setelah jangka waktu itu, maka pengguna perlu menggunakannya lagi dengan nomor ponsel.

Sebagai catatan, informasi pada akun akan dihapus juga dari server WhatsApp.

Tidak Aktif Singkat

Jangka waktunya adalah setelah 45 hari tidak aktif. Namun WhatsApp membuat perbedaan untuk syarat bisa menghapus akun dalam jangka tersebut.

Jika sebuah akun tidak aktif selama 45 hari dan masuk lagi sebelum 120 hari menggunakan perangkat yang sama, WhatsApp tidak akan menghapus akun.

Namun ini berbeda apabila setelah 45 hari dan masuk dengan perangkat lain. Jika hal tersebut yang terjadi maka akun akan dihapus.

Kebijakan itu dilakukan dalam rangka menjaga privasi dan keamanan akun. Operator seluler biasanya melakukan daur ulang nomor ponsel dan kemungkinannya nomor yang sama digunakan orang lain dan bisa membuat akun WhatsApp juga.

Jadi saat WhatsApp melihat adanya pemasangan akun pada perangkat berbeda setelah 45 hari tidak aktif, ada kemungkinan hal tersebut dilakukan oleh pengguna yang berbeda.

Semua informasi dari pengguna akun lama akan dihapus setelah 45 hari dan perangkat lain masuk pada akun.

Saat akun dihapus, akun itu juga akan terhapus otomatis dari seluruh grup. Pengguna juga masih bisa mendaftarkan akun baru dengan nomor yang sama jika mengalami kedua kasus tadi.

Apabila pengguna tidak menghapus penginstallan aplikasi, maka seluruh konten masih bisa ditemukan.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading