Hati-hati! Ini yang Bikin Akun WhatsApp Kamu Dihapus

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
09 June 2021 09:55
Infografis/ Terbongkar! Ini 3 Modus Rampok Mencuri Whatsapp/Aristya Rahadian

Jakarta, CNBC Indonesia - Hampir semua orang menggunakan WhatsApp. Aplikasi ini digunakan setiap waktu bukan hanya berkomunikasi untuk orang terdekat tapi juga untuk pekerjaan atau hal lainnya.

Namun ternyata akun WhatsApp bisa juga dihapus tanpa campur tangan penggunanya. Akun yang terancam dihapus itu adalah yang sudah tidak aktif dalam jangka waktu tertentu.


Namun WhatsApp membedakannya menjadi dua kategori yaitu tidak aktif selama 120 hari dan 45 hari. Terdapat syarat juga pada dua kategori itu untuk menghapus akun.

Berikut detail informasi mengenai syarat penghapus akun WhatsApp pengguna, dikutip dari Wabetainfo, Rabu (9/6/2021):

Lama Tidak Aktif

WhatsApp dipastikan menghapus akun setelah 120 hari tidak aktif. Apabila ini terjadi pada akunmu, kamu perlu membuat akun lagi dengan menggunakan nomor telepon.

Sayangnya semua informasi yang pernah ada akan dihapus dari server WhatsApp.

Tidak Aktif Singkat

Untuk kategori ini jangka waktunya 45 hari tidak aktif. Namun ada dua perbedaan yang membuat akun bisa dihapus maupun tidak.

Apabila akun tidak aktif selama 45 hari, namun kamu masuk kembali sebelum 120 hari dengan menggunakan perangkat yang sama maka WhatsApp tidak akan menghapus akun kamu.

Namun akan berbeda jika setelah 45 hari tidak aktif dan masuk dengan perangkat lain, akun pasti akan terhapus.

Hal tersebut dilakukan untuk menjaga privasi dan keamanan akun WhatsApp. Yakni operator seluler melakukan daur ulang nomor telepon dan ada kemungkinan pengguna lain menggunakan akun WhatsApl dengan nomor telepon lama kamu.

Jika WhatsApp mendeteksi adanya penginstalan pada perangkat berbeda setelah 45 hari tidak aktif, kemungkinan dilakukan oleh pengguna yang berbeda.

Semua informasi yang ditautkan pemilik lama akan dihapus setelah 45 hari dan perangkat lain masuk ke akun WhatsApp.

Saat akun dihapus maka pengguna secara otomatis dihapus dari seluruh grup. Selain itu dalam dua kasus tersebut saat akun dihapus, pengguna bisa mendaftarkan akun baru dengan nomor yang sama.

Jika pengguna tidak menghapus pemasangan WhatsApp maka akan menemukan seluruh konten di sana.


[Gambas:Video CNBC]

(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading