Kenali Ciri-ciri WhatsApp Kamu Kena Bajak

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
08 June 2021 07:40
Infografis/5 Tips Aman Pakai WhatsApp Tanpa Harus Pindah ke Telegram Cs/Aristya Rahadian

Jakarta, CNBC Indonesia - Tak sedikit bahaya mengintai para pengguna WhatsApp. Mengingat platform anak usaha Facebook itu merupakan aplikasi pesan instan populer di dunia saat ini.

Sebenarnya aplikasi ini menggunakan teknologi enkripsi dari ujung ke ujung atau end-to-end encryption. Teknologi tersebut membuat pesan dan data hanya bisa diakses oleh pemilik akun.

Namun di sisi lain, bahaya tetap mengintai para pengguna yakni soal pembajakan akun dari pihak yang tidak diketahui.

Berikut adalah ciri-ciri jika WhatsApp kamu disadap atau dibajak orang yang tidak bertanggung jawab:

Keluar Sendiri dari Akun WhatsApp
Ini bisa menjadi pertanda jika akun WhatsApp dibajak. Sebab hingga saat ini, perusahaan itu belum membuka opsi penggunanya memiliki satu akun dalam dua ponsel berbeda.

Saat nomor WhatsApp digunakan di perangkat lain maka akan ada kode One Time Password atau OTP yang masuk ke dalam nomor terdaftar. Jika ada SMS tersebut dan tiba-tiba keluar dari akun WhatsApp, bisa jadi nomor ponsel sudah dikloning.

Pesan Tiba-tiba Sudah Terbaca
Sebuah pesan yang belum, terbaca namun sudah terlihat terbaca kemungkinan akun WhatsApp telah dibajak. Sebenarnya ada cara untuk mengetahui pesan sudah terbaca dengan centang biruy namun bisa dinonaktidkan dan pengguna pun tak dapat melihat apakah pesan sudah terbaca atau belum.

Tiba-tiba Mengirim Pesan
Selain pesan yang tiba-tiba terbaca, ini bisa jadi tanda akun sudah kena retas. Apabila akunmu tiba-tiba mengirim pesan yang tidak pernah terkirim, juga jadi tanda akun sudah dibajak.

Online Padahal Tidak Aktif
Akun WhatsApp selalu menampilkan tanda online pada kontak. Apabila tanda online terlihat namun tidak dalam sedang membuka akun, ini perlu jadi perhatian.

Log Perangkat Tidak Kenal
Ciri tersebut dapat ditemui dalam WhatsApp versi Web. Apabila menemukan ada perangkat yang tidak dikenal, sebaiknya segera tutup akses dari perangkat tersebut.



[Gambas:Video CNBC]

(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading