Ada 5G, Pengapalan Ponsel Tahun Ini Tembus 1,38 Miliar Unit

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
28 May 2021 13:15
Toko Elektronik HP (CNBC Indonesia/Andrean Kristianto)

Jakarta, CNBC Indonesia - IDC melaporkan pengiriman smartphone diperkirakan mengalami peningkatan pada tahun ini dibandingkan 2020. Salah satu penyebabnya adalah berkat jaringan 5G.

Menurut IDC, perkiraan peningkatan mencapai 1,38 miliar unit sepanjang 2021. Jumlah itu meningkat 7,7% dari tahun 2020 dan kemungkinan tren positif berlanjut hingga tahun depan yakni sebanyak 3,8 persen dengan total 1,43 miliar, dikutip Jumat (28/5/2021).

Seluruh pasar di dunia terus bermigrasi menuju 5G. Diperkirakan akan ada pertumbuhan tiga digit untuk pengiriman ponsel 5G di luar China.


Sementara China memimpin pada dengan 50% pangsa pengiriman ada di 5G pada tahun ini. Sedangkan AS memiliki 16% pangsa pasar. Untuk pasar lain seperti Eropa Barat dan Asia/Pasifik (tidak termasuk China dan Jepang) bergabung untuk menguasai pasar dengan total 23,1% pada akhir tahun ini.

"Meskipun pertumbuhan 7,7% akan terasa seperti perputaran pasar yang mengesankan, kami harus ingat bahwa kami pulih dari salah satu tahun yang paling menantang,: kata manajer penelitian Worldwide Device Tracker IDC, Anthony Scarsella.

Dia juga mengatakan pertumbuhan tahun ini akan paling besar selama enam tahun terakhir. Penyebabnya tak lain karena pergeseran menuju 5G di semua harga terus meningkat.

Sementara untuk pasar negara berkembang, permintaan terkuat datang dari ponsel 4G kelas menengah dan bawah yang dikarenakan adanya pelambatan pandemi dari tahun lalu.

Selain itu, kelangkaan semikonduktor secara global diperkirakan tetap jadi perhatian di industri smartphone. Namun dampaknya akan jauh lebih kecil dibanding industri lain seperti otomotif, PC dan kategori teknologi konsumen lain.

"Smartphone melihat persaingan untuk belanja konsumen dri pasar yang dekat seperti PC, tablet, TV dan perangkat smartphone, namun itu tidak memperlambat menuju pemulihan," kata wakil presiden program Worldwide Mobile Device Trackers IDC, Ryan Reith.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading