Bio Farma Mau Datangkan Vaksin Pfizer & Moderna, Kapan?

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
20 May 2021 17:20
Infografis/Mengenal  2 Kandidat Terkuat Vaksin Covid-19 Menurut WHO/Aristya Rahadian

Jakarta, CNBC Indonesia - Kementerian Kesehatan sudah memasukkan nama vaksin Pfizer dan Moderna sebagai salah satu vaksin yang dipakai untuk lawan Covid-19 di Indonesia. Namun hingga kini belum diketahui kapan pemerintah akan mendapatkannya.

Menurut Direktur Utama PT Bio Farma Honesti Basyir, pihaknya sudah melakukan pemesanan terhadap vaksin Pfizer namun masih ada klausal yang belum mampu dipenuhi perusahaan.

"Mereka [Pfizer] minta dibebaskan tanggung jawab hukum seandainya ada KIPI (Kejadian medis yang tak diinginkan) yang bersifat long time (jangka panjang)," ungkap Honesti Basyir dalam rapat kerja dengan Komisi IX DPR RI, Kamis (20/5/2021).


"Kita bernegosiasi selama pandemik. Itu menjadi permasalahan dan belum jadi kontrak dengan Pfizer. Moderna juga meminta klausal yang sama. Mudah-mudahan ada solusi sekitar bulan Juni. Kami tidak pernah menghentikan itu."

Vaksin Pfizer dan Moderna merupakan salah satu vaksin terdepan dalam melawan Covid-19. Vaksin ini bahkan sudah mendapat izin penggunaan darurat dari World Health Organization (WHO).

Berdasarkan data final uji klinis tahap akhir di Amerika Serikat (AS), vaksin Pfizer memiliki kemanjuran 95% melawan Covid-19. Vaksin ini efektif 100% mencegah penyakit parah yang diakibatkan Covid-19.

Adapun vaksin Moderna efektif 94% melawan Covid-19 dan mencegah penyakit parah yang diakibatkan Covid-19.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Pertama Kali, AS Ekspor Vaksin Covid-19 ke Luar Negeri


(roy/roy)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading