Pasokan Melimpah, Menkes Kebut Vaksinasi Covid RI Bulan Depan

Tech - Roy, CNBC Indonesia
18 May 2021 19:37
Menkes Budi Gunadi Sadikin. (Tangkapan Layar Sekretariat Presiden)

Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin meminta kepala daerah dan pihak terkait menggecarkan penyuntikkan vaksin Covid-19 ke masyarakat pada Juni-Desember 2021. Alasannya, pasokan vaksin bakal melimpah.

"Saya minta tolong ke semua pemimpin daerah, TNI, Polri dan teman-teman swasta, tolong bantu terutama di bulan Juni-Desember, karena jumlah vaksin tersedia tiga kali lipat. lebih dari yang sekarang," ujar Budi Gunadi seperti dikutip dari kanal YouTube Kementerian Kesehatan RI, Selasa (18/5/2021).

Budi Gunadi Sadikin pun yakin pada Juni-Desember 2021, Indonesia biasa menyuntikkan sejuta lebih vaksin per hari. Pada April lalu, Kemenkes sudah menyuntikkan 500.000 dosis vaksin per hari.


Dengan meningkatkan penyuntikkan vaksin ke masyarakat maka target herd immunity bisa tercapai. Kemenkes sendiri menargetkan bisa menyuntikkan vaksin ke 70% penduduk Indonesia atau 181 juta warga. Total vaksin yang dibutuhkan 360 juta lebih.

Tak lupa Budi Gunadi mengajak semua pihak untuk mendorong vaksinasi warga lanjut usia (lansia). Alasannya, ini adalah kelompok yang rentan dan penyumbang kasus kematian Covid-19 terbanyak di Indonesia.

"Mereka [lansia] adalah orang-orang yang harus kita lindungi karena yang paling lemah," terangnya.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/hoi)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading