Kabar Baik! Vaksin Pfizer & Novavax Tiba di RI Bulan Juni

Tech - Roy, CNBC Indonesia
18 May 2021 18:53
Juru Bicara Vaksinasi COVID-19 dari Kementerian Kesehatan, dr. Siti Nadia Tarmizi, M.Epid, memberikan keterangan pers mengenai perkembangan terkini terkait vaksin COVID-19 dari AstraZeneca. (Tangkapan Layar Youtube Sekretariat Presiden)

Jakarta, CNBC Indonesia - Jenis vaksin Covid-19 yang digunakan pemerintah untuk program vaksinasi akan bertambah. Terbaru vaksin Pfizer dan Novavax akan tiba di Indonesia pada Juni dan Juli 2021.

Hal ini diungkapkan oleh Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Siti Nadia Tarmizi, seperti dikutip dari detikcom, Selasa (18/5/2021).

Sejauh ini Indonesia sudah menggunakan beberapa jenis vaksin. Pada gelombang pertama, pemerintah menggunakan vaksin Sinovac kemudian disusul vaksin AstraZeneca.


"Kita tahu di awal kita punya vaksin Sinovac, kita gunakan vaksin itu. Kemudian kita tahun di akhir Maret dan di awal April kita kedatangan vaksin AstraZeneca, kita gunakan vaksin AstraZeneca," terangnya.

"Nanti di bulan Juni dan Juli ada merek vaksin lain, yaitu Novavax dan Pfzier juga akan kita gunakan," terangnya.

Siti Nadia mengungkapkan masyarakat tidak perlu pilih-pilih jenis vaksin. Alasannya, vaksin yang digunakan sudah lolos uji klinis dan memiliki izin edar sehingga semuanya aman digunakan.

"WHO sendiri mengatakan jangan memilih vaksin karena semua vaksin itu sama baiknya. Artinya, vaksin yang sudah lolos uji klinis tahap 3 dan WHO sudah list vaksin yang bisa digunakan ini tentunya sama kualitasnya, keamanan, dan tentu manfaatnya. Ini tidak kita bedakan pada saat ini kita menggunakan vaksin A atau vaksin B,"jelasnya.

Berdasarkan uji klinis tahap akhir vaksin Pfizer efektif 95% lawan Covid-19 dan efektif 100% mencegah kematian karena Covid-19. Vaksin ini menggunakan dua dosis.

Sementara vaksin Novavax efektif 89% melawan Covid-19. Vaksin ini disuntikkan sebanyak dua dosis.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/hoi)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading