Apa Itu Iron Dome Israel, Antirudal yang Hantam Palestina

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
17 May 2021 12:10
Israeli Iron Dome air defense system launches to intercept rockets fired from Gaza Strip, near Sderot, Israel, Thursday, May 13, 2021. (AP Photo/Ariel Schalit)

Jakarta, CNBC Indonesia - Israel dan Hamas saling serang lewat udara. Kedua saling menembakkan roket sebagai bentuk balasan atas serangan sebelumnya. Dalam aksi serang ini mencuat tentang Iron Dome Israel.

Mengutip Financial Express, Senin (17/5/2021), Iron Dome merupakan perisai yang dimiliki Israel untuk melindungi wilayah udara mereka. Iron Dome menjadi sistem pertahanan darat-ke-udara jangka pendek.

Iron DOme memiliki senjata roket pencegat serangan misil Tamir dan radar. Radar ini membantu dalam melacak dan menghancurkan rudal atau sistem udara apa pun yang akan memasuki wilayah udara Mereka.


Iron Dome dikembangkan bersama oleh Israel Aerospace Industries dan Rafael Advanced Defense Systems. Ini memiliki sistem yang saat ini digunakan dapat membantu mencegat bahkan UAV(Unmanned Aerial Vehicleatau sering disebut sebagai drone)yang tidak diinginkan, pesawat musuh serta helikopter yang akan memasuki wilayah udara Israel tanpa izin.

Selain itu, Iron Dome dikatakan memiliki kemampuan segala cuaca dan dapat berfungsi siang dan malam.

"Ini adalah sistem multi-tujuan tempur yang terbukti. Sistem ini dapat membantu dalam mendeteksi, menilai, dan mencegat artileri yang masuk yang mencakup salvo padat, rudal jelajah, peluru kendali yang tepat, dan artileri yang masuk seperti C-RAM, UAV, dan Air Breathing Threats (ABTs)," kata perusahaan pembuat Iron Dome.

Selain itu, Iron Dome juga memiliki I-Dome, yang merupakan versi seluler all-in-one, dan berada di satu truk. Ini membantu dalam memberikan perlindungan bagi pasukan bermotor atau mekanik, dan pertahanan udara titik untuk instalasi militer, industri dan administrasi.

Ada C-Dome versi angkatan laut dan ini digunakan untuk melindungi aset dan kapal strategis berbasis laut.

Iron Dome pertama kali digunakan oleh pemerintah Israel pada tahun 2011. Pada tahun 2006, setelah perang Israel-Lebanon, pemerintah Israel telah mengumumkan pembangunan sistem anti rudal Iron Dome.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading