Technoking Elon Musk, Tukang Pompom & Perusak Harga Dogecoin

Tech - Lidya Julita Sembiring, CNBC Indonesia
14 May 2021 08:40
Infografis/ Terbongkar! Tesla Elon Musk Miliki miliaran bitcoin/Aristya rahadian

Jakarta, CNBC Indonesia - Harga aset mata uang digital (cryptocurrency) atau kripto Dogecoin turun tajam pada perdagangan Kamis (13/5/2021). Penurunan harga tercatat sebesar 15% menjadi di bawah 40 sen per koin setelah pendiri CEO Tesla, Elon Musk, berkicau di akun twitternya. 

Elon Musk yang menjadi panutan banyak orang dalam investasi kripto mengumumkan perusahaannya akan menangguhkan penggunaan Bitcoin dalam setiap transaksi pembelian Tesla karena masalah lingkungan.

Menurutnya, penggunaan mata uang digital atau kripto sangat bagus dan diyakini memiliki masa depan yang menjanjika. Namun, ini tidak baik karena dapat merusak lingkungan.



Dijelaskan, kenaikan transaksi bitcoin membuat peningkatan pesat penggunaan bahan bakar fosil terutama batu bara yang memiliki emisi terburuk bagi lingkungan.

"Penggunaan bahan bakar fosil yang meningkat pesat untuk penambangan dan transaksi Bitcoin," kata dia yang dikutip dari CNBC, Jumat (14/5/2021).

Dengan pengumuman tersebut, harga bitcoin juga turun. Sedangkan bagi dogecoin ini menjadi pekan yang sangat suram dengan pelemahan yang semakin tajam.

Sebelumnya, harga dogecoin sempat naik menjadi di atas 70 sen per koin di awal bulan ini menjelang penampilan Elon Musk dalam program "Saturday Night Live" NBC.


Namun, harga dogecoin jatuh di bawah 50 sen per koin saat acara dimulai karena Musk menjelaskan bahwa cryptocurrency adalah sumber permasalahan.

Infografis/ Terbongkar! Tesla Elon Musk Miliki miliaran bitcoin/Aristya rahadianFoto: Infografis/ Terbongkar! Tesla Elon Musk Miliki miliaran bitcoin
Infografis/ Terbongkar! Tesla Elon Musk Miliki miliaran bitcoin/Aristya rahadian

[Gambas:Video CNBC]

(hps/hps)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading