3 Varian Covid Menular Masuk RI, Begini Sebaran Kasusnya

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
07 May 2021 14:12
Dr. Siti Nadia Tarmizi

Jakarta, CNBC Indonesia - Sejumlah varian virus Covid-19 sudah masuk ke Indonesia. Direktur Pencegahan dan Penyakit tular Vektor dan Zoonotik Kementerian Kesehatan, Siti Nadia Tarmizi memberikan informasi terbaru terkait hal tersebut.

Varian dari Inggris atau disebut B117 yang didapatkan melalui genome sequence sudah ada 13 kasus positif. Dari jumlah tersebut 4 diantaranya merupakan transmisi lokal, artinya pasien tidak melakukan perjalanan ke luar negeri sebelumnya.

Keempatnya berada di Sumatera Utara, Sumatera Selatan, Kalimatan Selatan dan Karawang. Di seluruh wilayah itu juga ditingkatkan kewaspadaannya dan meningkatkan jumlah sampel yang diambil khususnya tempat orang positif dengan B117 itu ditemukan.


"Kemudian varian dari Afrika Selatan kasusnya satu ditemukan di Denpasar Bali. Tetapi kasusnya sudah almarhum. Positifnya di bulan Januari dan Februari yang bersangkutan meninggal," kata Siti Nadia dalam program Profit CNBC Indonesia, Jumat (7/6/2021).

Dari pemeriksaan kasus ini hasilnya negatif. Saat ini masih melakukan pemeriksaan genome sequence untuk kontaknya.

Sementara itu untuk kasus varian dari India, sudah menemukan dua orang. Satu WNA asal India yang datang dalam periode 10-26 April dan WNI di Jakarta.

"Masih dalam proses penyelidikan epidemiologi. Dikarenakan kita ingin mengetahui ini transmisi lokal atau apakah bukan, dibawa pelaku perjalanan sebelumnya. Menunggu epidemiologi kontak dari satu kasus B1617," jelasnya.

Dia mengatakan WN tersebut memiliki riwayat berkontak dengan WNA asal India. Ini mungkin bisa jadi penyebabnya dan sekarang sedang dilakukan penyelidikan lebih lanjut.

Sedangkan untuk warga negara Indonesia di India, berdasarkan data dari Kementerian Luar Negeri memang sudah ada yang terkena Covid-19. Namun tidak terkait dengan varian B1617 tersebut.

"Kalau data dari Kementerian Luar Negeri wni di India memang ada beberapa warga negara kasus nya positif, belum membawa atau tidaj terkait varian B1617 tadi," kata Siti Nadia.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading