Twitter Rilis Fitur Mirip Clubhouse, Kamu Kebagian Tidak?

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
04 May 2021 10:55
FILE PHOTO: The Twitter application is seen on a phone screen August 3, 2017. REUTERS/Thomas White

Jakarta, CNBC Indonesia - Fitur percakapan audio milik Twitter, Spaces resmi dirilis pada Senin (3/5/2021). Spaces telah bisa dinikmati untuk seluruh pengguna baik iOS dan Android yang memiliki 600 atau lebih followers.

Spaces merupakan sebuah pengalaman baru pengguna Twitter saat menggunakan platform. Yakni mereka bisa ikut dalam sebuah ruang virtual di mana dapat berhubungan secara real time dan melakukan percakapan audio dengan pengguna lainnya.

Twitter sudah mulai memperkenalkan Spaces pada penggunanya beberapa waktu lalu. Perusahaan resmi melakukan ujicoba fitur sejak November 2020 lalu, dikutip dari CNBC Internasional, Selasa (4/5/2021).


Fitur ini akan memainkan peran kunci untuk menaikkan pengguna aktif harian platform. Pada akhir 2023 diperkirakan jumlahnya menjadi 315 juta pengguna.

Spaces akan muncul pada layanan Stories di bagian atas layar. Buatan profil tersebut menjadi ungu saat live-audio sedang berlangsung.

Untuk ikut serta dalam percakapan, pengguna hanya tinggal mengklik bulatan berwarna ungu dan ikut dalam Space. Saat sudah dalam pertemuan, pengguna bisa menuliskan tweet atau direct message langsung pada host atau meminta untuk berbicara.

Pengguna yang bertindak sebagai host dapat memoderasi pertemuan dengan mengundang orang lain ke sana. Selain itu juga memiliki kemampuan memilih siapa yang berbicara dan menghapus para pembuat onar di ruangan tersebut.

Saat peluncuran, Twitter mengatakan sedang mengerjakan Ticket Spaces. Ini adalah tiket yang harus dibeli pengguna lain untuk dapat bergabung dalam ruangan virtual.

Ticket Spaces jadi cara monetisasi baru layanan di Twitter dan memberikan insentif untuk mereka dapat menyelenggarakan acara live-audio. Pendapatan sebagian besar diberikan pada penyelenggara acara atau host dan Twitter mendapatkan bagian kecilnya, ungkap perusahaan.

Spaces menjadi pemain terbaru dalam industri audio-chat. Pasar ini mulai menggeliat dengan viralnya platform Clubhouse sejak tahun lalu.

Selain Twitter, bulan Facebook juga mengumumkan akan menghadirkan fitur sejenis pada layanannya sendiri. Spotify bahkan membeli Betty Labs, yang kemungkinan akan membuat aplikasi live-audio berfokus pada olahraga.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading