Panas! Facebook Pastikan Buat Platform Pesaing Clubhouse

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
24 April 2021 19:45
Facebook

Jakarta, CNBC Indonesia - Clubhouse dipastikan mendapatkan pesaing baru. Kepastian ini datang salah satunya dari CEO Facebook, Mark Zuckerberg yang pada awal minggu ini menyebutkan pihaknya sedang membuat produk dimana pengguna bisa terhubung dalam percakapan real time.

Kepala Aplikasi Facebook, Fidji Simo juga menyebutkan perusahan telah menyiapkan dan siap untuk meluncurkan Live Audio Rooms. Saat ditanya apakah Facebook melihat kesuksesan Clubhouse sebelum mengumumkan produk sendiri, dia menjawab jika layanan audio telah ada lama dalam pikiran di perusahaan.

"Audio telah ada dalam pikiran kami sejak waktu yang lama," kata Simo kepada CNBC Internasional, dikutip Sabtu (24/4/2021).


Teknologi yang digunakan dalam Live Audio Rooms dikatakan Simo telah dikembangkan selama bertahun-tahun.

"Artificial Intelligence yang diperlukan untuk membawa alat pembuat suara ajaib dapat membuat suara seperti sedang berada di pinggir pantai atau dekat sungai atau bisa mengganti suara menjadi aline, semua itu adalah teknologi yang telah kami bangun untuk waktu yang lama," kata dia.

Contoh lainnya, dia menambahkan adalah audio spasial. Pengguna Facebook nantinya akan dapat menempatkan orang dalam ruangan jadi mendengarkan konten seperti dalam ruangan yang sama.

Menurutnya seluruh teknologi ini dibangun membutuhkan waktu yang lama, serta juga telah dikerjakan selama bertahun-tahun.

"Sebagai tambahan, saya akan mengatakan seluruh investasi dalam video selama lima atau enam tahun terakhir memberikan informasi apa yang harus kami lakukan dengan audio sekarang. Kami melihat audio sebagai pelengkap dari seluruh format dari yang sudah kami tawarkan," jelas Simo.

Namun kehadiran layanan percakapan berbasis audio itu kemungkinan berada di waktu yang salah. Misalnya Clubhouse yang meroket karena digunakan saat orang-orang dilarang keluar rumah mulai menurun ketenarannya.

Saat ini jumlah unduhan aplikasi di iPhone mengalami penurunan setelah pembatasan di wilayah seperti AS dan Inggris dikurangi.

Simo mengakui jika layanan audio memang memiliki banyak tantangan. Namun Facebook meluncurkan beberapa format audio yang akan memungkinkan orang mendengarkan kapanpun.

Sebagai informasi, Live Audio Rooms akan diluncurkan pada musim panas ini. Rencananya Facebook produk audio berformat pendek disebut Soundbites dan juga sedang mengerjakan fitur untuk pengguna bisa menemukan, membagikan dan mendengarkan podcast dalam aplikasi.


[Gambas:Video CNBC]

(dob/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading