Smartphone Kamu Dimata-matai? Begini Cara Hentikannya

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
22 April 2021 17:05
A man use his smartphone, in this picture illustration taken February 14, 2018. Picture taken February 14, 2018. REUTERS/Beawiharta/Illustration Foto: REUTERS/Beawiharta

Jakarta, CNBC Indonesia - Pernah merasa baru membicarakan sebuah produk dan tiba-tiba iklannya muncul di media sosial kamu? Apakah itu bentuk mata-mata baru pada smartphone?

"Saya pikir ide smartphone memata-matai itu menakutkan bagi orang-orang dan sangat mudah karena ada kamera dan mikrofon pada semuanya," kata komentator teknologi, Trevor Long, dikutip dari 9 News, Kamis (22/4/2021).

Untuk melakukan pengamanan, langkah pertama yang bisa dilakukan memiliki software terbaru. Jangan pernah terlambat untuk menginstal pembaruan, sebab software akan berisi langkah keamanan yang ditingkatkan.

Kamu juga bisa mengecek aplikasi yang digunakan melakukan perekaman atau tidak. Dengan membuka settings klik privacy, lalu tekan mikrofon atau kamera pada menu.

Setelah itu akan terbuka aplikasi mana saja yang memiliki akses tersebut. Kamu bisa menonaktifkan akses yang dimiliki tersebut.

Apple sebelumnya pernah merilis fitur untuk mengetahui aktivitas ini. Terdapat titik oranye di bagian atas ponsel bila mikrofon aktif dan akan menjadi titik hijau bila kamera diaktifkan.

Bila pemilik perangkat tidak sedang berbicara atau merekam dan titik kecil itu muncul, maka mereka sedang mengalami masalah.

Produsen iPhone diperkirakan akan menampilkan pop up notifikasi saat ada aplikasi yang melakukan pelacakan. Fitur itu kabarnya akan ada di pembaruan iOS versi 14.5.

Namun fitur tersebut membuat aplikasi seperti Facebook tak senang. Menurut perusahaan milik Mark Zuckerberg itu, perubahan akan membuat keefektifan dan probabilitas iklan bertarget menjadi berkurang.

Melansir CNBC Internasional, bahkan Facebook mengatakan fitur baru itu akan mengacaukan visnis periklanan secara online.

Namun Apple tetap menciptakan fitur bernama ATT atau App Tracking Transparency. Perusahaan menyebutkan aplikasi yang masuk mulai 26 April harus sudah mendukung ATT.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Harus Tahu! Ini Penyebab Ponsel Panas & Baterai Cepat Habis


(roy/roy)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading