Bambang Brodjonegoro Pamer N29 Hingga Drone di Hannover Messe

Tech - Cantika Adinda Putri, CNBC Indonesia
12 April 2021 20:32
Menteri Riset dan Teknologi ( Menristek) Bambang Brodjonegoro (CNBC Indonesia/Andrean Kristianto)

Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Riset dan Teknologi/Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional Bambang Brodjonegoro memamerkan capaian riset dan teknologi Indonesia di masa pandemi Covid-19. Capaian itu dipamerkan dalam acara Hannover Messe 2021: Digital Edition secara virtual Senin (12/4/2021).

"Kementerian kami sangat bangga memamerkan berbagai capaian inovasi Indonesia yang akan mendukung revolusi industri 4.0, yaitu riset kesehatan dan inovasi untuk melawan pandemi Covid-19," jelas Bambang dalam sambutannya.

"Tes PCR GeNose dan pengembangan laboratorium. Mengembangkan vaksin merah putih, dan sistem monitoring seluruh genomic surveillance Covid-19. Mengembangkan inovasi alat penunjang kesehatan," lanjutnya.

Selain itu, menurut Bambang, Kemenristek/BRIN juga telah melakukan penelitian dan inovasi terkait mitigasi bencana. Termasuk penerapan artificial intelligence dalam modifikasi teknologi untuk penanganan kebakaran hutan dan lahan (karhutla).



Kemenristek/BRIN, kata Bambang, juga berkolaborasi dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) membuat sebuah sistem identifikasi secara otomatis sebagai peringatan dini tsunami.

"Kita juga memiliki tsunami early warning system (TEWS)," tuturnya.

Kemudian juga mengembangkan satelit dan melakukan riset dan inovasi luar angkasa. Termasuk di dalamnya merakit pesawat N29 dan N29 Amfibi serta mengembangkan drone elang hitam yang siap menjaga Laut Natuna.

"Sebagai penutup dari pernyataan saya, Hannover Messe 2021 akan menjadi forum yang sangat baik untuk berbagi semua informasi kepada dunia, untuk mempromosikan inovasi nasional serta untuk memperjuangkan mitra internasional. Kolaborasi adalah kunci nasional dalam revolusi industri 4.0," pungkas Bambang.



[Gambas:Video CNBC]

(miq/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading