CNBC Indonesia VIP Forum

Jurus Bank Mandiri Bangun Bank Digital

Tech - Rahajeng Kusumo Hastuti, CNBC Indonesia
08 April 2021 17:08
Gedung Bank Mandiri

Jakarta, CNBC Indonesia - PT Bank Mandiri Tbk (BMRI) membeberkan bagaimana rencana untuk membangun bank digital, mulai dari fokus ke internal sampai ke modernisasi distribusi jaringan.

"Kita akan fokus pengembangan di internal kita, kami punya visi modern digital bank, kita fokus ke sana, kita perkuat infrastruktur transaksi digital, membangun produk dan layanan end to end, modernisasi distribusi channel," kata SEVP Micro and Consumer Finance Bank Mandiri, Josephus K Triprakoso pada VIP Forum "Membongkar Ekspansi Bank Digital dan Neo Bank di Indonesia" di Jakarta, Kamis (8/4/2021).

Sayangnya, dia enggan menyebut berapa capital expenditure (capex) atau belanja modal untuk pengembangan ekosistem tersebut. Yang pasti, dia mengatakan bahwa belanja modal untuk IT sangat besar.


"Karena kita bangun ekosistem, kita membelanjakan yang cukup besar, lumayanlah jumlahnya," tuturnya.


Sebelumnya, Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan OJK Heru Kristiyana mengatakan saat ini banyak nasabah yang lebih nyaman bertransaksi digital ketimbang ke kantor cabang.

"Mau tidak mau bank harus siap, kebutuhan para nasabah sudah seperti itu, kalau tidak siap akan ditinggal nasabah," kata Heru.

Menurut perhitungan OJK, saat ini sudah banyak bank-bank konvensional yang bertransformasi menjadi bank digital. Beberapa nama yang saat ini menjadi pemain bank digital di Indonesia misalnya, PT Bank Jago Tbk (ARTO), Bank Digital BCA, Digibank yang dimiliki DBS Indonesia, Jenius dari BTPN. Belakangan, BRI Agro dan MNC Bank turut meramaikan persaingan bank digital dengan mengajukan diri ke OJK.

"Kita punya 107 bank umum termasuk bank syariah, 1.600 BPR. Dari 107 bank tersebut, bank besar sudah mentransformasi dirinya untuk bisa melayani digital, beberapa bank kelas menengah dan kecil sudah juga meminta ijin melayani bank digital," pungkasnya.


[Gambas:Video CNBC]

(yun/yun)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading