BNI Investime Week

Kalau Ponsel Raib, Apa Aplikasi Bank Digital Aman?

Tech - Lynda Sari Hasibuan, CNBC Indonesia
08 April 2021 16:26
INFOGRAFIS, Deretan 6 Negara Topang Transaksi Global BNI Foto: Ilustrasi BNI

Jakarta, CNBC Indonesia - Kehilangan ponsel atau smartphone merupakan hal yang menyebalkan dan mengkhawatirkan. Bagaimana tidak, segudang aktivitas termasuk data penting terdapat dalam satu genggaman.

Namun bagaimana jika pengguna kehilangan smartphone yang menjadi sumber data penyimpanan bank nasabah?

VP E=Banking Division Bank BNI, Andena Utama mengatakan jika smartphone hilang, nasabah bisa mengikuti langkah seperti melakukan pemblokiran rekening bank digital dan menghubungi provider sim card.

"Pengguna kami anjurkan mengikuti langkah-langkah ketika hape hilang dan tetap hubungi provider terkait. Kemudian untuk pengamanan mobile banking bisa melakukan pelaporan ke bank bersangkutan," ujar Andena saat acara BNI Investime Week, CNBC Indonesia, Kamis (8/4/2021).

Dia menuturkan bahwa ada fitur keamanan yang bisa diakses pada mobile banking yakni User ID dan MPIN. Bila sebelumnya pengguna mengaktifkan biometrik maka hal itu lebih bagus dan aman dari tangan jahil.

"Ketika hape itu hilang dan mereka sebelumnnya aktifkan biomertik itu aman karena hanya si pemilik itu saja yang bisa log in. Misalnya seperti retina mata, Face Recognition ataupun Fingerprint.



[Gambas:Video CNBC]

(dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading