Top! China Siapkan Peluncuran Roket Luar Angkasa ke-5

Tech - Tommy Sorongan, CNBC Indonesia
08 April 2021 12:20
China

Jakarta, CNBC Indonesia - Pemerintah China memulai konstruksi lokasi peluncuran roket luar angkasa kelima milik negara itu. Hal ini dikarenakan prediksi bahwa meningkatnya permintaan peluncuran satelit secara komersial.

Dikutip Reuters, lokasi tempat peluncuran kelima itu akan berada dekat dari kota Ningbo, provinsi Zhejiang. Ningbo sendiri telah menginvestasikan 20 miliar yuan atau setara Rp 42 triliun di pusat peluncuran roket yang disebut sebagai "Elephant Hill" itu. Fasilitas itu nantinya akan mampu meluncurkan 100 misi setahun.

Menurut media, Elephant Hill memiliki garis lintang yang menguntungkan untuk peluncuran roket, sebanding dengan Cape Canaveral di Florida.


Dalam lima hingga 10 tahun ke depan, China telah memprediksi konstelasi besar satelit komersial yang dapat menawarkan layanan mulai dari internet berkecepatan tinggi untuk pesawat terbang hingga melacak pengiriman barang.

Untuk memenuhi permintaan peluncuran, China harus membangun roket yang lebih besar yang dapat membawa lebih banyak satelit atau membangun lebih banyak situs peluncuran, atau keduanya. China saat ini memiliki empat lokasi peluncuran, tiga di pedalaman dan satu di pulau selatan Hainan.

China sejauh ini meluncurkan 39 misi pada tahun 2020, termasuk penyelidikan tak berawak ke Mars, dan diperkirakan akan melihat lebih dari 40 peluncuran tahun ini, menurut media pemerintah. Negeri Panda itu diprediksi akan meluncurkan lebih dari 1.000 satelit orbit rendah Bumi di tahun-tahun mendatang.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading