Kisah Sedih LG: Rugi Rp 65 T Dalam 6 Tahun, Akhirnya Tutup

Tech - Tirta Citradi, CNBC Indonesia
06 April 2021 18:09
Ilustrasi: Pabrik LG di Korea Selatan.

Jakarta, CNBC Indonesia - Persaingan di pasar ponsel cerdas sangatlah ketat. Kali ini perusahaan perakit smartphone asal Negeri Ginseng yaitu LG menjadi tumbal di pasar yang sangat kejam. LG memilih mengibarkan bendera putih dan menarik diri dari kompetisi penjualan handphone (HP). 

Rasanya sedih jika mengingat LG juga merupakan salah satu pionir di pasar smartphone. Sekitar delapan tahun silam LG masih bisa dibilang berjaya. Inovasi berupa peluncuran produk ponsel pintar dengan layar kamera yang super lebar membuatnya menjadi produsen HP terbesar ketiga setelah Samsung. 

Seiring dengan berjalannya waktu, pangsa pasar LG terus menyusut. Pada kuartal pertama tahun 2015 market share LG masih sekitar 4,6%. Setelah itu pasar didominasi oleh ponsel pintar keluaran Samsung, Huawei dan Apple.


Tahun lalu market share LG tercatat hanya sekitar 2% saja. Reuters melaporkan LG hanya menjual 23 juta unit HP. Dengan begitu volumenya hanya sepersepuluh dari Samsung yang mengirimkan 256 juta unit smartphone.

Pelan tapi pasti smartphone buatan China mulai menginvasi pasar dan mencuri perhatian konsumen dan menggerus market share para pesaingnya. Bayangkan saja Xiaomi yang lima tahun silam pangsa pasarnya masih di bawah 5%, tahun lalu sudah mencapai 11,2%. 

Harga yang miring dengan fitur yang tak kalah membuat HP buatan China seperti Xiaomi, OPPO dan Vivo mendapat respons positif dari pasar. Banyak analis yang mengkritisi kekalahan LG dikarenakan kurang ahlinya strategi marketing LG. 

Bahkan sejak 2018 LG sudah tidak diperhitungkan di pasar dan menyisakan Samsung, Huawei, Apple, Xiaomi, OPPO dan Vivo. Kini LG semakin menggenapi rentetan daftar produsen HP yang tumbang menyusul Nokia, HTC dan Blackberry. 

Keluarnya LG dari medan pertempuran akan menguntungkan Samsung dan HP cerdas merek China lainnya mengingat segmen pasar yang disasar lebih ke arah kelas menengah. Mundurnya LG dari pasar smartphone global akan resmi dilakukan pada akhir Juli tahun ini.  

Bagaimana Nasib LG ke Depan?
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading