LG Tutup Bisnis Smartphone, Merk HP Ini Bakal Rajai Dunia

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
06 April 2021 11:47
foto : CNBC Indonesia/Muhammad Sabki Foto: CNBC Indonesia/Muhammad Sabki

Jakarta, CNBC Indonesia - Bisnis smartphone LG akhirnya mundur dari pasar global. Dengan ini, akan ada produsen yang mendapatkan keuntungan.

Sejumlah ahli meramal langkah ini akan menguntungkan beberapa produsen ponsel termasuk. Lalu siapa saja mereka?


Menurut laporan Gartner dan Couterpoint, Samsung bisa mengambil pasar ponsel LG, khususnya di wilayah Amerika Utara. Pasar LG di AS berkisar 10%.

"Apple cenderung melayani pasar high-end (di AS). Jadi kemungkinan mengambil porsi kecil dari penjualan LG," kata analis dari Gartner, Tuong Nguyen dikutip Reuters, Selasa (6/4/2021).

Hal berbeda terjadi di Samsung. Produsen ponsel asal Korea Selatan (Korsel) itu memiliki pasar yang sama dengan LG sehingga bisa memegang kendali.

Hal yang sama juga diungkapkan analis Counterpoint, Tarun Pathak. Dia mengungkapkan keuntungan terbesar adalah perusahaan yang bersaing pada pasar di kelas menengah, tempat LG sebelumnya berada.

"Jadi sebagian besar merek China dan kelas menengah akan mendapatkan keuntungan dari pamitnya LG. Di pasar utamanya seperti AS, Samsung, Motorola, HMD akan mendapatkan keuntungan. Sementara Xiaomi, Motorola akan diuntungkan di Amerika Latin dan Samsung di Korea," ujarnya.

Sebelum pamit, pasar LG menurun 2% dari 2020. Ini merupakan penurunan terbesar bagi perusahaan yang pernah disebut sebagai pembuat smartphone terbesar ketiga di dunia setelah Samsung dan Apple.

Namun memang LG hanya mengirimkan 23 juta ponsel tahun lalu. Jumlah yang berbeda jauh dibandingkan Samsung yang mencapai 256 juta ponsel.

Sejumlah pengguna Twitter menyayangkan pamitnya LG. Mereka juga memuji LG sebagai pelopor fitur yang sekarang sudah ada di sejumlah ponsel seperti kamera wide angle dan touch screen kapasitif.


[Gambas:Video CNBC]

(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading