Jokowi Bicara Konsekuensi Informasi di Era Digital, Apa Itu?

Tech - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
01 April 2021 17:15
Presiden Jokowi Pastikan Tak Impor Beras Hingga Juni 2021(CNBC Indonesia TV)

Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjabarkan konsekuensi yang harus diterima di era keberlimpahan dan keterbukaan informasi di era digital saat ini.

Hal tersebut dikemukakan Jokowi saat memberikan pengarahan dalam Peringatan Hari Penyiaran Nasional ke-88 yang disiarkan akun YouTube Kementerian Komunikasi dan Informatika.

"Keberlimpahan dan keterbukaan informasi adalah sebuah kebutuhan," kata Jokowi, Kamis (1/4/2021).


Jokowi mengatakan saat ini setiap orang bisa dengan cepat memperoleh informasi, memproduksi informasi, serta menyebarkan informasi. Bagi pemerintah, ini adalah tantangan yang harus dikelola ke depan.

"Tuntutan masyarakat yang menuntut keterbukaan dan kecepatan informasi juga harus kita kelola," tegasnya.

"Ini adalah tantangan bagi pemerintah, tantangan bagi lembaga penyiaran media, serta tantangan bagi pemangku kepentingan lainnya agar dapat memenuhi tuntutan kebutuhan masyarakat tersebut," jelasnya.

Jokowi mengemukakan keterbukaan informasi kini menjadi salah satu hal krusial dalam kesuksesan penanganan pandemi Covid-19 serta pemulihan ekonomi nasional.

"Alhamdulillah dengan informasi yang terbuka, transparan, akuntabel, serta kerja sama antar semua pihak, kita bisa segera membuat kondisi kondusif dan terukur dan pemerintah dapat mengambil kebijakan yang tepat," katanya.

Jokowi lantas meminta masyarakat lebih cerdas dan kritis dalam menyikapi informasi. Kepala negara menginginkan agar regulator maupun lembaga pengawas bisa menjalankan fungsinya dalam menyikapi informasi.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading