Aplikasi Ini Ada di Ponsel Android Kamu, Delete Segera!

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
30 March 2021 10:05
INFOGRAFIS, Daftar 24 Aplikasi Berbahaya

Jakarta, CNBC Indonesia - Bagi kamu pengguna Android dan memiliki aplikasi System Update harus segera menghapusnya. Sebab menurut sebuah penelitian aplikasi itu mengandung malware berbahaya dan dapat mengambil alih ponsel kamu.

Penelitian itu dilakukan perusahaan keamanan siber Zimperium, yang menyebutkan malware dapat mengambil alih perangkat dan data korbannya. Pengontrolan perangkat dilakukan saat korban menginstal aplikasi dan malware berkomunikasi dengan server Firebase operator, dikutip Tech Crunch, Selasa (30/3/2021).

Apa saja yang dapat dicuri? Yakni dari kontak, detail perangkat, bookmark browser, riwayat pencarian, merekam panggilan, suara di sekitar mikrofon, hingga mengambil foto dengan kamera ponsel.


Tak sampai di sana, pelaku dapat melacak lokasi, mencari file dokumen serta memperbanyak data yang berasal dari clipboard perangkat.

Selain itu aplikasi juga bisa bersembunyi dari jangkauan korbannya. Malware dapat berkelit dari penangkapan yakni dengan memperkecil pengguna jaringan data pada ponsel.

Ternyata aplikasi tersebut tidak terdapat dalam Google Play Store. Pihak Google dimintai pendapat mengenai cara perusahaan mencegah malware masuk ke toko aplikasinya, namun mereka enggan berkomentar.

System Update diyakini bukan satu-satunya aplikasi berbahaya di luar sana. CEO Zimperiumn, Shridhar Mittal menjanjikan untuk bisa mencarinya dengan cepat.

"Saya pikir banyak waktu dan upaya dihabiskan membuat aplikasi ini. Kami percaya masih ada aplikasi lain di luar sana dan kami berusaha sebaik mungkin untuk mencari mereka secepat mungkin," ujarnya.

Tahun lalu, aplikasi serupa bernama Kids Guard pernah dilaporkan Tech Crunch. Aplikasi itu seolah seperti aplikasi memantau anak-anak namun menginfeksi perangkat korbannya.

Namun saat itu para peneliti tidak tahu siapa pelaku dibalik Kids Guard. Termasuk juga belum mengetahui target dari aplikasi jahat tersebut.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading