Alert! Pengguna Android Waspada Aplikasi Ini Atau Dirampok

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
31 March 2021 06:35
Infografis: Jangan Install Aplikasi Ini di Ponsel Android, Atau Dirampok!

Jakarta, CNBC Indonesia - Peneliti keamanan siber baru saja menemukan celah keamanan yang mengancam pengguna Android. Terdapat malware yang dapat mengambil alih ponsel korbannya.

Malware tersebut terdapat dalam aplikasi System Updates. Temuan ini berasal dari tim peneliti dari perusahaan keamanan siber Zimperium, dikutip Rabu (31/3/2021).

Namun aplikasi tersebut tidak berada dalam Google Play Store. Aplikasi tersedia di luar toko aplikasi resmi tersebut.


Cara kerja malware dimulai saat aplikasi terinstal di ponsel. Setelah terinstal, malware berkomunikasi dengan server Firebase operator. Setelahnya pelaku kejahatan dapat mengontrol perangkat korban dari jarak jauh.

Saking pintarnya, malware juga dapat bersembunyi dari korbannya. Selain itu dapat menghindar dari penangkapan caranya dengan memperkecil konsumsi penggunaan jaringan data.

Selain itu System Update akan menyembunyikan dan mengeksfilterisasi data yang berada di dalam perangkat korban menuju server operator.

Menyempurnakan kejahatannya, pelaku dapat mencuri sejumlah data dari para korbannya. Misalnya mengambil foto dari kamera ponsel, melacak lokasi korban, dan mencari file dokumen.

Selain itu juga bookmark browser, detail perangkat korban serta memperbanyak data dari clipboard perangkat. Pelaku juga bisa mendapatkan suara di sekitar mikrofon, merekam panggilan, riwayat pencarian dan juga kontak.

Diyakini masih banyak aplikasi serupa dan sama berbahayanya di luaran sana. CEO Zimperium, Shridhar Mittal mengatakan pihaknya akan mencarinya sesegera mungkin.

"Saya pikir banyak waktu dan upaya dihabiskan membuka aplikasi ini. Kami percaya masih ada aplikasi lain di luar sana dan kami berusaha sebaik mungkin untuk mencari mereka secepat mungkin," kata dia.

Misalnya tahun lalu Tech Crunch melaporkan terdapat aplikasi bernama Kids Guard yang seolah digunakan untuk memantau anak-anak. Namun ternyata aplikasi itu menginfeksi perangkat para korbannya.

Tidak diketahui siapa pelaku kejahatan dan target aplikasi Kids Guard tersebut.




[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading