Awas! Pengguna Android & iPhone Sudah Dirampok Rp 5,76 T

Tech - Roy Franedya, CNBC Indonesia
26 March 2021 11:24
INFOGRAFIS, Waspada!, Malware Curi Data Kamu

Jakarta, CNBC Indonesia - Meski Apple dan Google sering menggembar-gemborkan toko aplikasi Google Play Store dan App Store punya perlindungan tinggi tetap saja beberapa aplikasi yang disusupi virus jahat bisa masuk.

Dalam studi terbaru Avast disebutkan ada cukup banyak aplikasi "software rahasia" yang ditemukan di App Store dan Google Play Store, aplikasi ini bahkan sudah merampok penggunanya hingga US$400 juta atau setara Rp 5,76 triliun (asumsi Rp 14.400/US$).

"Tampaknya ini bagian dari strategi fleeceware (aplikasi scam) dengan menarget pengguna berusia lebih mudah melalui tema yang menyenangkan dan iklan yang menarik di jejaring sosial populer dengan janji pemasangan gratis atau diunduh gratis," tulis Avast seperti dikutip dari Ubergizmo, Jumat (26/3/2021).


Sayangnya pada saat orang tua mengetahui adanya pembayaran mingguan, fleeceware telah menguras sejumlah besar uang dari kartu kredit atau layanan pembayaran lainnya milik korban.

Aplikasi Fleeceware tidak dianggap sebagai malware karena merupakan aplikasi yang sah, tetapi menggunakan beberapa mekanisme curang untuk mendorong pembelian dalam aplikasi.

Cara kerja paling umum dari aplikasi ini adalah dengan menjanjikan pengguna masa percobaan gratis setelah masa tersebut habis pengguna dikenakan biaya berlangganan yang tinggi.

Mereka memanfaatkan ketidaktahuan pengguna untuk membatalkan langganan dan tetap membebankan biaya berlangganan meski aplikasi sudah dihapus.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Aplikasi Android Ini Harus Didelete atau Kena Rampok!


(roy/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading