Dapat Pasokan Baru, RI Bakal Punya 52 Juta Vaksin Sinovac

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
24 March 2021 16:45
Vaksin Sinovac. (AP/Sakchai Lalit)

Jakarta, CNBC Indonesia - Indonesia telah mengamankan total 52 juta dosis Vaksin Sinovac. Saat ini sudah ada 36 juta dosis dalam bentuk bahan baku. Besok (25/3/2021) akan tiba lagi 16 juta dosis vaksin Sinovac dalam bentuk bahan baku (bulk).

"Bahan baku yang masuk total 36 juta dosis, akan segera masuk lagi minggu ini tanggal 25 Maret 16 juta. Jadi sudah 52 Juta dosis," kata Direktur Utama Bio Farma, Honesti Basyir dalam program Power Lunch CNBC Indonesia, Rabu (24/3/2021).

Bahan baku vaksin itu lalu diolah di pusat produksi Bio Farma, Bandung. Honesti mengatakan pihaknya sudah memproduksi sekitar 20 batch atau 20 juta dosis.


Vaksin produksi Bio Farma itu juga telah mendapatkan release dari Badan POM. Setelah itu vaksin segera didistribusikan ke seluruh Indonesia.

"Segera didistribusikan ke seluruh Indonesia, vaksin yang diproduksi Bulk dari Sinovac," kata dia.

Menurut Honesti, tidak ada kesulitan memproduksi bahan baku vaksin Sinovac itu. Dia mengatakan ini karena bahan baku sudah diamankan dari tahun lalu dengan jumlah kurang lebih 143 juta dosis dan bertahap tiap bulan datang ke Indonesia.

Bio Farma sendiri mampu memproduksi 3 batch atau 3 juta per minggu, artinya sekitar 12 juta per bulan. Setelah April, jumlah itu akan lebih banyak lagi dengan keberadaan lini produksi baru di Bio Farma.

"Mulai bulan April nanti kita juga akan tambah satu lagi line production. Itu juga dengan kemampuan sedikit levih besar. Sehingga total setelah April kita memiliki kemampuan produksi 25 juta dosis per bulan," jelas Honesti.

Sinovac sebelumnya juga telah mengantongi ijin emergency use authorization dari Badan POM. Dengan begitu vaksin Sinovac Buatan Bio Farma tak perlu lagi melewati proses uji klinis seperti sebelumnya.

Jadi Bio Farma saat ini tinggal melakukan pembaruan terhadap masalah stabilitas vaksin tersebut.

Sementara itu, pemerintah Indonesia memastikan mendatangkan beberapa vaksin lagi berbentuk jadi. Honesti mengatakan pasokan vaksin dalam negeri pun sudah cukup.

"Dari sisi supply vaksin bahan baku yang segera diproduksi maupun vaksin jadi kita sudah memiliki cukup supply untuk melakukan program vaksinasi yang dilakukan Kementerian Kesehatan," ungkap Honesti.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading