Internasional

Waspadalah! Peringatan Baru WHO Soal Covid-19

Tech - Tommy Patrio Sorongan, CNBC Indonesia
09 March 2021 12:55
WHO

Jakarta, CNBC Indonesia - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) kembali memperingatkan masyarakat dunia mengenai ancaman Covid-19. Menurut badan yang berada dibawah naungan PBB itu, dunia perlu meningkatkan upaya untuk memerangi Covid-19 dan negara-negara tidak boleh lengah.

"Kami berada pada periode yang sangat berisiko," kata Dr. Soumya Swaminathan dari WHO, kepada "Squawk Box Asia" CNBC International pada hari Senin (8/3/2021).




WHO pekan lalu memperingatkan bahwa kasus Covid-19 baru meningkat di seluruh dunia setelah enam minggu berturut-turut menurun. Lebih dari 2,6 juta kasus baru dilaporkan pada minggu terakhir Februari, naik 7% dari minggu sebelumnya.

Ditambahkan bahwa wilayah Mediterania Timur, Asia Tenggara, Eropa dan Amerika masing-masing mengalami peningkatan antara 6% dan 14%.

"Ini sebagian karena kelelahan akan penguncian.. mungkin menjadi lebih kasual karena mereka berpikir vaksin sedang dalam perjalanan, "kata Swaminathan.

Sebelumnya Direktur Eksekutif Program Kedaruratan Kesehatan WHO, Dr. Mike Ryan, menyebut peningkatan kasus mungkin karena manusia terlalu santai karena vaksinasi. Padahal dunia sebenarnya belum mendapat dampak penuh vaksin.

Ryan sendiri menegaskan bahwa penyebab peningkatan kasus masih belum jelas. Tetapi tindakan kesehatan masyarakat yang telah diaplikasikan saat ini, sepert menggunakan masker dan mencuci tangan serta menjaga jarak, masih harus dilakukan.

Tak hanya Dr Soumaya dan Dr Mike, ahli zoonosis WHO Maria Van Kerkhove juga menyarankan agar masyarakat tetap memperketat kepatuhan terhadap protokol kesehatan.

"Saya dapat memberitahu Anda apa yang kami khawatirkan adalah dengan diperkenalkannya vaksin dan vaksinasi di sejumlah negara, kami masih membutuhkan orang untuk melakukan tindakan di tingkat individu," kata Maria.

"Dengan melihat peningkatan tren selama satu minggu ini, ini merupakan peringatan yang cukup keras bagi kita semua bahwa kita harus tetap berada di jalur protokol."

Seluruh pernyataan ini seakan mengamini pernyataan yang dibuat baru-baru ini oleh pejabat federal di Amerika Serikat (AS) Dr Rochelle Walensky, yang merupakan direktur Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC).

Ia telah memperingatkan selama berhari-hari bahwa penurunan kasus baru setiap hari di AS telah terhenti dan saat ini meningkat lagi.

"Pada tingkat kasus ini, dengan varian yang menyebar, kami berdiri untuk benar-benar kehilangan pijakan yang telah kami peroleh dengan susah payah," kata Walensky.

"Dengan statistik ini, saya benar-benar khawatir tentang lebih banyak negara bagian yang membatalkan tindakan kesehatan masyarakat yang tepat yang kami rekomendasikan untuk melindungi orang dari Covid-19."


[Gambas:Video CNBC]

(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading