Bos Twitter Caplok Saham Jay-Z, Kuasai Streaming Musik Tidal

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
05 March 2021 18:20
Jay-Z

Jakarta, CNBC Indonesia - Square baru saja membeli saham mayoritas yang dimiliki Jay-Z di Tidal. Harga pembelian layanan streaming musik itu senilai US$297 juta atau Rp4,2 triliun nampaknya dapat memunculkan kolaborasi menggunakan teknologi seperti Blockchain.

Hasil pembelian ini juga membuat Jay-Z bergabung dengan dewan direksi. Suami Beyonce itu membeli Tidal pada 2015 dengan harga sekitar US$56 juta dari pengusaha asal Norwegia.

Chief Executive Square, Jack Dorsey mengatakan pembelian ini bertujuan untuk mencari cara baru mendukung pekerjaan para artis. Kedua perusahaan akan berkolaborasi menghasilkan pengalaman mendengarkan musik dengan membawa fans semakin dekat, dikutip Reuters, Jumat (5/3/2021).


Bos Twitter itu mengatakan caranya dengan mengintegrasikan seperti penjualan merchandise dan alat keuangan untuk para artis.

Analis teknologi di Gartner, Avivah Litan mengatakan pembelian ini dapat memanfaatkan teknologi seperti Blockhain dan cryptocurrency. Dorsey diketahui sangat tertarik dengan kedua teknologi tersebut.

"Anda membutuhkan aplikasi yang menjalankan ekonomi baru. Tidak ada yang hanya menggunakan dompet cryptocurrency jika tidak ada yang bisa dibeli," kata Litan.

Salah satu sistem pada blockchain yang dapat digunakan adalah Token Non-fungible atau NFT. Sistem itu akan memunculkan tanda tangan digital sebagai pengesahan pemilik foto, video, atau media lainnya.

Litan mengatakan NFT membuat tanda tangan dan memoribilia bisa terlacak. Dengan begitu dapat menjadikan sebuah produk digital menjadi berharga dan bernilai signifikan untuk para penggemar.

Sementara analis di Forrester, Martha Bennett menyebutkan banyak perusahaan dan artis yang telah menjual musiknya kepada fans melalui sistem Blockhain. Namun kesuksesannya bersifat terbatas.

"Jika Anda berpikir dapat menembus pasar, jika seseorang dengan nama brad dari Jay-Z dan Beyonce tidak berhasil mematahkan cengkraman layanan streaming yang sudah ada sebelum lalu siapa yang bisa," ungkapnya.

Di sisi lain, Dorsey diketahui memiliki kecintaan pada teknologi desentralisasi seperti Blockchain. Sistem ini memungkinkan orang dapat menyimpan data dan memproses transaksi tanpa membutuhkan perusahaan teknologi besar dan provider layanan lain untuk mendapatkan keuntungan.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading