Bitcoin Bakal Diregulasi, Masih Ada Yang Mau Beli Nih?

Tech - Putu Agus Pransuamitra, CNBC Indonesia
05 March 2021 06:56
INFOGRAFIS, Warning Yellen Buat Bitcoin: BAHAYA!

Jakarta, CNBC Indonesia - Bitcoin dan mata uang kripto lainnya akan memasuki babak baru perjalanan "karirnya" di pasar finansial global. Calon ketua Komisi Sekuritas dan Bursa (Securities and Exchange Commission/SEC) Amerika Serikat (AS), Gary Gensler, mengatakan akan membuatkan regulasi untuk mata uang kripto jika terpilih nanti.

Hal tersebut diungkapkan saat sidang konfirmasi pencalonannya di hadapan Komite Senat Perbankan AS Selasa (2/3/2021) lalu.

"Bitcoin dan mata uang kripto lainnya membawa pemikiran baru untuk metode pembayaran dan inklusi keuangan, tetapi masalah perlindungan bagi para investor masih perlu kita tangani," kata Gensler, sebagaimana dilansir Reuters Rabu (4/3/2021).


Gensler yang diajukan menjadi calon ketua SEC oleh Presiden Joseph Biden ini juga menyebut mata uang kripto sebagai "katalis perubahan".

SEC hingga saat ini belum memiliki peraturan spesifik mengenai mata uang kripto, dan bagaimana harus diperlakukan oleh masyarakat dan perusahaan. Jika disetujui sebagai ketua SEC, Gensler akan mempromosikan teknologi baru tersebut tetapi juga memastikan perlindungan bagi para investor.

"Sangat penting bagi SEC memberikan panduan dan kejelasan (untuk mata uang kripto). Terkadang kejelasan tersebut akan bagus, tetapi meski kejelasan yang diberikan tidak bagus, tetap saja penting untuk diberikan," katanya.

Yang menarik, harga bitcoin masih menguat setelah sidang konfirmasi tersebut. Sebabnya, Gensler dianggap memiliki pandangan positif terhadap mata uang kripto.

Meski demikian, yang menjadi pertanyaan bagaimana mata uang kripto, seperti bitcoin akan dibuatkan regulasi. Sebab, bitcoin muncul dengan konsep desentralisasi, artinya tidak entitas yang mengontrol

Dalam sistem desentralisasi setiap transaksi akan tercatat dalam buku besar (ledger) yang dikelola oleh semua pengguna mata uang kripo di seluruh dunia, sehingga menjadi lebih transparan.

Selain itu, tidak adanya pihak ketiga dalam transaksi tersebut atau dilakukan secara peer-to-peer, tentunya menghilangkan biaya, sehingga menjadi lebih lebih murah.

Jika SEC pada akhirnya meregulasi bitcoin, maka tentunya akan menjadi atau mungkin akan ada pihak ketiga yang terlibat. Sehingga spirit munculnya bitcoin yang tidak dikontrol suatu entitas tertentu akan menjadi hilang.

Apakah itu menjadi kabar bagus yang bisa membuat penerimaan bitcoin semakin meluas atau malah akan ditinggalkan oleh investor ataupun pemainnya?

HALAMAN SELANJUTNYA >>> Regulasi Bisa Bikin Nilai Bitcoin Ambrol?

Regulasi Bisa Bikin Nilai Bitcoin Ambrol?
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading