Cara Daftar UMKM Online 2021 Gratis, Dapat BLT Rp 1,2 Juta

Tech - Cantika Adinda Putri, CNBC Indonesia
03 March 2021 07:50
Sejumlah pekerja menata adonan kerupuk ikan dikawasan Jakarta, Selasa (22/12/2020). Pandemi Covid membuat pengusaha kerupuk ikan terkena imbas penurunan pemasukan omset 70% selama pandemi. (CNBC Indonesia/Tri Susilo) 
Elfin Owner  (35) merasakan dampak dari pandemi Covid, penurunan langaung drastis 100 % terhitung mulai bulan Maret, April, Mei dan Juni.
Sebelum pandemi pemasukan sehari mencapai Rp.15 juta sedangakan setelah masuknya Covid dan penerapan PSBB penurunan langsung ke angka 3 juta per harinya. 
Sebelum pandemi karyawan di pabrik kerupuk ikan ini mencapai 50 orang, karena adanya pembatasan dan mengurangi kerumunan hanya mempekerjakan 25 orang. 
Produksi kerupuk ikan Erna Jaya menyuplai ke wilayah jabodetabek. 
(CNBC Indonesia/ Tri Susilo)

Jakarta, CNBC Indonesia - Kementerian Keuangan memastikan program Bantuan Presiden Produktif usaha mikro (BPUM) atau bantuan langsung tunai (BLT) bagi usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) akan mulai kembali digulirkan bulan Maret ini.

Direktur Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan Askolani menjelaskan sebelumnya, tahun ini belum ada rencana untuk melanjutkan program bantuan UMKM ini.

"Untuk tahun 2021 ini sebesar Rp 1,2 juta. Sebelumnya di 2021 belum ada rencana tersebut, ini baru diputuskan pemerintah untuk dapat tambahan program di 2021 bagi UMKM," ujar Askolani kepada CNBC Indonesia, seperti dikutip Rabu (3/3/2021).


Program ini sedikit berbeda dari tahun lalu. Bila pada 2020, program BPUM memberikan hibah Rp 2,4 juta kepada satu UMKM, untuk tahun ini besarannya cuma Rp 1,2 juta. Tahun lalu bantuan ini diberikan pada 14 juta UMKM, tahun ini target awalnya 9,8 juta UMKM tetapi masih bisa bertambah.

"Target awal sekitar 9,8 juta sebagai tahap awal. Nanti perkembangan berikut akan dievaluasi lagi oleh pemerintah di bulan-bulan berikutnya," kata Askolani melanjutkan.

Untuk diketahui, BLT UMKM atau Banpres Produktif atau Bantuan Produktif Usaha Mikro ( BPUM) merupakan bantuan yang diberikan kepada para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Indonesia.

Cara Daftar Program BLT UMKM
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading