Pengumuman! BLT UMKM Cair Maret 2021, Dananya Rp 1,2 Juta

Tech - Cantika Adinda Putri, CNBC Indonesia
02 March 2021 11:13
Warga pengantri Bantuan Langsung Tunai (BLT) atau disebut juga Bantuan Presiden Produktif kepada UMKM yang terdampak Covid-19 di kantor Cabang Unit Parung, Bogor, Jawa Barat, Selasa 1/12. Bantuan yang dikelola melalui Kementerian Koperasi dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (Kemenkop dan UKM) senilai Rp 2,4 juta ini disalurkan melalui Bank Rakyat Indonesia (BRI). Pemerintah juga telah menambah target penerima BLT UMKM dari 9 juta usaha menjadi 12 juta. Sejak pagi, sejumlah masyarakat yang merupakan pedagang, pelaku umkm, termasuk ojek online, memadati halaman Kantor Cabang BRI. (CNBC Indonesia/ Muhammad Sabki)

Jakarta, CNBC Indonesia - Pemerintah memastikan kembali melanjutkan program Bantuan Presiden (Banpres) produktif atau Bantuan Langsung Tunai (BLT) kepada pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Perbedaannya, tahun lalu hibah yang diberikan Rp 2,4 juta sementara tahun ini cuma Rp 1,2 juta. Total penerima tahun ini mencapai 9,8 juta UMKM dan masih bisa bertambah, pada tahun lalu hibah ini diberikan kepada 14 juta UMKM.

Hal ini dikatakan oleh Direktur Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan Askolani kepada CNBC Indonesia, Selasa (2/3/2021).


"Untuk tahun 2021 ini sebesar Rp 1,2 juta. Sebelumnya di 2021 belum ada rencana tersebut, ini baru diputuskan pemerintah untuk dapat tambahan program di 2021 bagi UMKM," jelas Askolani.

Adapun, jumlah penerima untuk tahap awal hanya diberikan kepada 9,8 juta UMKM dan masih bisa bertambah. Dalam berjalannya program, pemerintah akan terus melakukan evaluasi dalam beberapa bulan ke depan.

"Target awal sekitar 9,8 juta sebagai tahap awal. Nanti perkembangan berikut akan dievaluasi lagi oleh pemerintah di bulan-bulan berikutnya," kata Askolani melanjutkan.

Untuk diketahui, BLT UMKM atau Banpres Produktif atau Bantuan Produktif Usaha Mikro ( BPUM) merupakan bantuan yang diberikan kepada para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Indonesia.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading