Ada Cahaya Misterius di Langit Australia, Alien?

Tech - Lynda Hasibuan, CNBC Indonesia
26 February 2021 16:52
Roket menghiasi langit Queensland. (Tangkapan Layar via ABC Australia)

Jakarta, CNBC Indonesia - Beberapa waktu lalu muncul video di jejaring sosial yang menunjukkan berlalunya sebuah cahaya terang, dari Noosa ke Bundaberg, dua daerah di Queensland pada Kamis malam lalu.

"Mulai terpisah [bagian roketnya]," ujar Sonia McLeod, yang menangkap peristiwa itu dalam kamera pribadinya.

Mengenai hal ini, seorang astronom menjelaskan bahwa cahaya aneh dan terang yang muncul di langit di Northern Territory dan Queensland membuat ratusan orang bingung.


Mengutip ABC Australia, Jumat (26/2/2021), Astrofisikawan dari University Queensland, Jonti Horner menyebut bahwa serpihan tersebut adalah sampah angkasa dari sebuah roket, bernama Chinese Long March 3B, yang meluncurkan satelit navigasi di tahun 2019.

la mengatakan panjang sampah angkasa ini diperkirakan mencapai 12 meter dengan lebar 3 meter ketika memasuki orbit dan mulai terpisah. Jadi ini adalah potongan yang cukup besar dan kuat.

"Objek ini sudah mencapai bumi dan semakin lama semakin rendah posisinya, karena atmosfer. Akhirnya, objek ini terbakar malam kemarin, dan sifatnya tidak berbahaya," papar Harner.

Profesor Harner mengatakan bagian roket ini mulai terpisah secara bertahap ketika berada di orbit. Bagian roket yang tersisa juga kemungkinan lepas di atmosfer, namun karena memakan waktu lebih banyak untuk terbakar, telah menjadi puing-puing yang terbakar.

Profesor Horner mengatakan roket ini diprediksi akan mendarat di Samudra Pasifik.

Ia juga mengatakan pelacakan debris angkasa adalah pekerjaan yang berat karena muatan sampah angkasa yang mengancam keberadaan satelit aktif.

"Warga di seluruh dunia mengamati sampah angkasa setiap waktu. (Mereka) mencoba dan memprediksi apakah ada satelit yang terancam bahaya," ungkap dia.

Biasanya Stasiun Angkasa Internasional akan melakukan beberapa manuver sepanjang tahun untuk menghindari dampak yang mungkin terjadi.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading