Kisah Robot NASA Ledakkan Diri Usai Tuntaskan Misi di Mars

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
25 February 2021 16:40
This image made available by NASA depicts a possible area through which the Mars 2020 Perseverance rover could traverse across Jezero Crater. This mosaic is composed of aligned images from the Context Camera on the Mars Reconnaissance Orbiter. (NASA/JPL-Caltech/USGS via AP)

Jakarta, CNBC Indonesia - Sampainya robot Perseverance di Mars ternyata harus mengorbankan kendaraan derek yang membawanya. Roket Sky Crane itu menghancurkan diri setelah tugasnya selesai dilakukan.

Sky Crane itu membawa Perseverance ke kawah Jezero Mars pada 18 Februari 2021 lalu. Kendaraan itu yang menyelamatkan Perseverance dari teror tujuh menit pendaratan hingga sukses.

Setelah Perseverance menjejakkan rodanya ke daratan Mars, Sky Crane pergi menjauh. Lalu roket itu menghancurkan diri dalam jarak aman dari Perseverance, dikutip Space, Kamis (25/2/2021).


Hancurnya Sky Crane juga diabadikan dalam kamera Perseverance dan diunggah di akun Twitter resmi robot penjelajah itu. Dalam unggahannya dikatakan Sky Crane hancur berselang dua menit setelah Perseverance mendarat.

"Momen penghormatan untuk tahap penurunan. Dalam dua menit setelah mengantarkan saya dengan selamat ke permukaan Mars, saya menangkap kepulan asap lewat Hazcams saya (kamera hazard-avoidance) dari dampak benturan," tulis akun Twitter itu.


Dengan jarak yang cukup jauh, melindungi Perseverance dari ledakan Sky Crane. Sebelum hancur, roket itu memperlihatkan dokumentasi langit Mars yang berkobar di atas kawah Jezero.

Selain itu juga memperlihatkan proses pendaratan, termasuk pembukaan parasut supersonik dan momen saat roda Perseverance menyentuh tanah di daratan Mars.

Sebagai informasi, AS jadi negara terakhir yang sampai ke Mars. Sudah ada China dan Arab Saudi yang telah sampai lebih dulu di planet tersebut.

Misi NASA itu telah diluncurkan pada 30 Juli 2020 dari Cape Carnaveral Space Force Station Florida, AS. Jadi Perseverance telah menghabiskan perjalanan 203 hari dan sejauh 472 juta kilometer hingga mendarat di Mars.

Perseverance akan menjalani misi selama dua tahun. Robot itu akan melakukan penjelajahan dan menyelidiki batuan serta sedimen di dasar danau Jezero dan sungai.

Selain itu Perseverance juga bertugas mencari tanda-tanda kehidupan di planet Mars.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading