Wah! Netizen Bakal Bisa Hasilkan Duit Langsung dari Twitter

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
26 February 2021 12:05
FILE PHOTO: A screen displays the stock price of Twitter above the floor of the New York Stock Exchange (NYSE) shortly after the opening bell in New York, NY, U.S., January 31, 2017.  REUTERS/Lucas Jackson/File Photo

Jakarta, CNBC Indonesia - Mereka yang aktif di Twitter akan bisa menghasilkan uang dari media sosial milik Jack Dorsey ini. Caranya melalui fitur baru bernama 'Super Follows'.

Fitur Super Follows ini akan memungkinkan pengguna Twitter menagihkan uang kepada follower atau pengikutnya atas akses ke konten tambahan berupa tweet bonus, akses ke grup komunitas, berlangganan buletin, badge (lencana) yang menunjukkan dukungan.

Dalam tangkapan layar mockup, Twitter menunjukkan contoh di mana pengguna mengenakan biaya US$4,99 per bulan ke followers untuk mendapatkan akses khusus, mengutip The Verge, Jumat (26/2/2021).


Meski begitu Twitter belum menjelaskan berapa besar biaya berlangganan yang bisa ditarik pembuat konten dari pengikutnya. Belum diketahui juga berapa bagi hasil yang akan diterapkan.

Twitter melihat cara ini agar kreator konten dan penerbit dibayar langsung oleh followers. Cara ini pun sudah jamak dilakukan seperti Patreon, Facebook, YouTube hingga GitHub.

Selain itu, Twitter juga mengumumkan fitur baru bernama Communities (Komunitas), yang tampaknya mirip dengan Grup Facebook. Pengguna bisa membuat dan bergabung dengan grup sesuai dengan minatnya sehingga melihat tweet yang berfokus pada minat tersebut.

Sebelumnya Twitter mengindikasikan akan ada cara baru untuk menghasilkan uang dari platform microblogging ini. Selama ini Twitter fokus menghasilkan pendapatan dari iklan digital dan mendapat kritikan dari para investor aktivis perusahaan.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading