Jokowi Sentil Menkominfo Soal Utilisasi Palapa Ring

Tech - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
26 February 2021 10:14
Peluncuran Program Konektivitas Digital 2021 dan Prangko Seri Gerakan Vaksinasi Nasional Covid/ Youtube: Stpres

Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyentil kinerja Kementerian Komunikasi Informatika di bawah komando Jhonny G. Plate. Setidaknya, ada beberapa catatan yang harus menjadi perhatian otoritas komunikasi dan informatika.

Hal tersebut dikemukakan Jokowi saat memberikan pengarahan dalam acara Peluncuran Program Konektivitas Digital 2021 dan Prangko Seri Gerakan Vaksinasi Nasional Covid-19 di Istana Negara, kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta.

"Saya mempunyai beberapa catatan," kata Jokowi, Jumat (26/2/2021).


Jokowi menjabarkan pemerintah telah melakukan berbagai upaya dalam pembangunan konektivitas digital dan menciptakan talent digital. Salah satunya, adalah penyediaan kapasitas satelit multifungsi pemerintah (Satria).

"Pembangunan menara-menara BTS, program digital talent scholarship, dan gerakan nasional literasi digital. Saya mengaapresiasi semua pihak terutama Kominfo yang telah bekerja keras untuk itu," katanya.

Namun, catatan kepala negara menunjukkan bahwa utilisasi jaringan Palapa Ring masih perlu ditingkatkan. Saat ini, utilisasi Palapa Ring hanya mencapai 50% dan persentase utilitas di wilayah Indonesia Tengah dan Timur hanya 20%.

"Saya minta kepada Menkominfo untuk memastikan agar Palapa Ring tidak hanya berhenti sebagai backbone saja, tidak hanya berhenti di situ, tapi harus tersambung ke rumah tangga agar investasi besar di Palapa Ring segera bisa dimanfaatkan seluruh rakyat," jelasnya.

Transformasi digital, kata Jokowi, merupakan solusi cepat dan strategis untuk membawa Indonesia menuju masa depan. Selain itu, transformasi digital dianggap memegang peranan krusial dalam menciptakan kedaulatan dan kemandirian digital.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading