Jokowi Bicara 'Tol Langit', Sebenarnya Buat Apa Sih?

Tech - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
26 February 2021 09:55
Peluncuran Program Konektivitas Digital 2021 dan Prangko Seri Gerakan Vaksinasi Nasional Covid/ Youtube: Stpres

Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada hari ini menghadiri Peluncuran Program Konektivitas Digital 2021 dan Prangko Seri Gerakan Vaksinasi Nasional Covid-19.

Berbicara saat memberikan pengarahan di Istana Negara, kompleks Istana Kepresidenan, Jokowi mengatakan pembangunan konektivitas digital dalam lima tahun terakhir sudah menjadi prioritas pembangunan pemerintah.

"Yang menghubungkan seluruh pelosok nusantara melalui tol langit," kata Jokowi, Jumat (26/2/2021).


Jokowi mengatakan pembangunan tol langit bukan hanya untuk kepentingan ekonomi semata, melainkan juga untuk mempermudah konektivitas di Indonesia yang berstatus sebagai negara kepulauan.

Infografis: Foto: infografis/"Satria" satelit Internet tercepat ke 4 di dunia

"Untuk mempercepat pelayanan pendidikan, mempercepat pelayanan kesehatan, mendukung sinergi budaya nusantara, dan tentu saja untuk memperkokoh persatuan dan kesatuan kita sebagai sebuah negara besar," katanya.

Dalam pembangunan konektivitas digital dan talent digital, pemerintah telah meluncurkan berbagai program. Mulai dari penyediaan kapasitas satelit multifungsi pemerintah (Satria), hingga pembangunan menara BTS yang tersebar di berbagai wilayah.

"Program digital talent scholarship dan gerakan nasional literasi digital. Saya mengapresiasi semua pihak terutama Kominfo yang telah bekerja keras untuk itu," katanya.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading