Pengusaha: Rupiah Digital Jelas, Bitcoin Abstrak

Tech - Cantika Adinda, CNBC Indonesia
26 February 2021 09:03
Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Hariyadi B Sukamdani (CNBC Indonesia/Tri Susilo)

Jakarta, CNBC Indonesia - Pengusaha sambut baik rencana Bank Indonesia (BI) untuk menerbitkan rupiah digital. Dengan rupiah digital, pengusaha memandang transaksi kegiatan ekonomi akan lebih mudah dan efisien.

Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Hariyadi Sukamdani mengatakan langkah BI untuk menerbitkan rupiah digital patut didukung, karena dengan rupiah digital akan banyak hal yang bisa dioptimalkan.

Peredaran uang, menurut Hariyadi juga bisa lebih terkontrol, karena semua transaksi akan masuk di dalam big data. Melalui kesepakatan bank sentral lain, rupiah digital bisa menjadi keseimbangan alat tukar.


"Jadi memang kelihatannya tren ke arah digital bagus. Apalagi dengan mata uang didigitalkan ini underlying-nya jelas, yakni mata yang yang di digitalkan. Beda sama bitcoin, itu sangat abstrak bagaimana menghitungnya," jelas Hariyadi saat dihubungi CNBC Indonesia, Kamis (25/2/2021).

"Dengan rupiah ini akan menjadi lebih solid, bagus, dan membuat ekonomi kita menjadi lebih efisien karena sudah cashless nantinya, karena uangnya sudah digital," kata Hariyadi melanjutkan.

Kendati demikian, lanjut Hariyadi, harus dibuat peta jalan menuju rupiah digital beserta tahapannya. Hariyadi juga mengusulkan untuk rupiah digital bisa diparalelkan dengan rencana penyederhanaan nilai rupiah atau redenominasi. Dengan syarat, dilakukan saat ekonomi sedang stabil, agar tidak terjadi lonjakan inflasi.

"Bisa bareng redenominasi dengan digitalkan uang. Sebenarnya kalau melakukan digitalisasi rupiah perlu persiapan dalam arti kata perlu dibuat tahapan. Sebenarnya bisa barengan, bisa juga sendiri-sendiri, mana yang siap aja," tuturnya.

Rencana BI Terbitkan Rupiah Digital
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading