Jokowi Bicara Talent Digital, Sudah Ada Lowongannya?

Tech - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
25 February 2021 18:10
Presiden Joko Widodo menyampaikan pidato kunci secara virtual pada acara tahunan CNBC Indonesia Economic Outlook 2021 pada Kamis, (25/2/2021). (Dok: Biro Pers Sekretariat Presiden)

Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan Indonesia memiliki pasar digital yang besar dan cukup menjanjikan dengan memiliki populasi penduduk terbesar keempat terbesar di dunia.

Berbicara saat memberikan pidato kunci dalam acara 'Nonton Microsoft #DevCon21 bareng Tech in Asia', Jokowi mengatakan pasar yang menjanjikan tersebut juga diiringi dengan penetrasi internet yang tumbuh sejalan dengan pembangunan infrastruktur digital.

"Kita harapkan potensi yang besar ini bisa ditangkap oleh perusahaan baik digital, baik yang ada di dalam negeri maupun global sehingga akan membuka lapangan kerja baru yang sebanyak-banyaknya, terutama penduduk usia produktif," kata Jokowi, Kamis (25/2/2021).


Jokowi mengemukakan, setiap tahun Indonesia memiliki sekitar 2,9 juta anak muda yang masuk ke pasar kerja. Pemerintah, kata dia, akan berupaya menyiapkan anak muda tersebut untuk menjadi seorang talent digital.

"Upaya melahirkan talent digital dengan jumlah yang masif membutuhkan langkah terencana, langkah yang detail dan sistematis. Harus dimulai dari hulu yakni penanaman literasi digital khususnya di institusi pendidikan, pelatihan guru dan siswa," katanya.

Menurut Jokowi, literasi digital saat ini mendapatkan momentum yang tepat. Apalagi di masa pandemi Covid-19, seluruh aktivitas termasuk kegiatan pembelajaran juga sebagian besar dilakukan secara daring.

"Saya minta momentum ini digunakan sebaik-baiknya dengan melibatkan komunitas digital Indonesia," jelasnya.


[Gambas:Video CNBC]

(cha/cha)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading