Tanda-tanda China akan Terbitkan Yuan Digital, Lawan Bitcoin

Tech - Roy Franedya, CNBC Indonesia
24 February 2021 17:11
Headquarters of the People's Bank of China (PBOC), the central bank, is pictured in Beijing, China September 28, 2018. REUTERS/Jason Lee

Jakarta, CNBC Indonesia - Uji coba yuan digital kian meluas. Kota Chengdu di barat daya China mengumumkan akan membagikan US$6 juta atau setara Rp 84 miliar ke warganya dalam tes terbaru.

Skala uji coba ini lebih besar dari yang dilakukan di Beijing, di mana uang digital Yuan dibagikan kepada 50.000 pemenang dengan nilai US%1,5 juta. Dana ini bisa dipakai untuk berbelanja di e-commerce JD.com dan merchant pilihan lainnya. Sebelum uji coba telah dilakukan di kota lain china seperti Shenzhen dan Suzhou

Dalam pengumumannya, pemerintah kota Chengdu mengatakan penduduk setempat dapat bergabung dalam program undian untuk mendapatkan 200.000 voucher. Masing-masing voucher akan berisi Yuan digital dengan nilai US$27 hingga US$37.


Seperti selebaran Beijing, uji coba Chengdu terkait dengan Tahun Baru Imlek dan akan bekerja dengan pengecer lokal dan aplikasi e-commerce JD.com. Pemenang undian dapat menggunakan voucher dari 3-19 Maret, melansir CNBC International, Rabu (24/2/2021).

Dalam beberapa tahun terakhir, pembayaran seluler telah menggantikan uang tunai sebagai cara utama konsumen melakukan pembelian di China. Aplikasi Alipay yang berafiliasi dengan Alibaba dan Tencent's Wechat Pay adalah dua aplikasi utama di China.

BPoC telah mengembangkan mata uang digital sendiri atau central bank digital currency (CBDC) yang diharapkan berfungsi serupa dengan aplikasi pembayaran. Tidak seperti mata uang digital terkenal seperti Bitcoin, yang dioperasikan oleh sistem desentralisasi, versi bank sentral dikendalikan oleh bank sentral.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading