Yuan Digital Segera Dipakai China, Ini Update Terbarunya

Tech - Eqqi Syahputra, CNBC Indonesia
05 January 2022 13:55
A man walks past China's central bank, or the People's Bank of China, in Beijing, Sunday, March 10, 2019. China's central bank governor Yi Gang says American and Chinese envoys discussed sticking to promises to avoid currency devaluations to boost exports during negotiations aimed at ending a tariff war. (AP Photo/Andy Wong)

Jakarta, CNBC Indonesia - Bank sentral China dikabarkan telah meluncurkan versi percontohan aplikasi dompet digital khusus untuk mata uang yuan. Aplikasi ini memungkinkan penggunanya untuk membuka akun dompet digital dan membelanjakannya menggunakan yuan.

Hal ini dilakukan sebagai upaya bank sentral China mendorong pengembangan mata uang digital sendiri. Saat ini, aplikasi tersebut telah tersedia di Android store, dan App store China mulai Selasa (4/1) kemarin.

Dikutip dari CNBC Internasional, Rabu (5/1), Yuan digital atau e-CNY adalah versi digital dari mata uang China dan telah dibuat sejak tahun 2014. Uang ini bukanlah kripto seperti bitcoin.


Sementara itu, sebuah informasi di aplikasi menyatakan selama tahap uji coba dan pengembangan, fasilitas hanya tersedia untuk pengguna tertentu. Pengguna harus melalui lembaga yang didukung dan menyediakan layanan e-CNY, termasuk bank domestik utama.

Kabarnya, saat ini aplikasi tersebut sudah memungkinkan pengguna di 10 area termasuk kota besar Shanghai dan Beijing untuk menggunakannya. Sejauh ini sendiri, China telah melakukan sejumlah uji coba dalam bentuk lotere di mana pengguna di kota-kota tertentu telah diberikan sejumlah kecil mata uang digital untuk dibelanjakan. Beberapa ritel, seperti e-commerce JD.com telah menerimanya sebagai pembayaran dalam satu tahun terakhir.

Gubernur PBOC, Yi Gang, mengatakan pada November 2021 lalu bahwa China akan terus memajukan pengembangan mata uang digital bank sentralnya. Tak hanya itu, China juga akan berusaha menyempurnakan desain dan penggunaan mata uang digital mereka, termasuk, meningkatkan interoperabilitasnya dengan alat pembayaran yang ada.

Menurut pemberitahuan di aplikasi tersebut, ajang dan tempat di mana Olimpiade Musim Dingin Beijing dihelat menjadi salah satu event dan tempat di mana yuan digital dapat digunakan nantinya. Olimpiade China yang akan berlangsung tahun ini menjadi target Bank Rakyat Tiongkok untuk lebih memperkenalkan dan menyebarkan lebih luas yuan digital.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Xi Jinping Makin Keras, 3 Raksasa Teknologi Kena Hukuman!


(roy/roy)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading