Awas! Puluhan Ribuan MacBook Baru Disusupi Virus Jahat

Tech - Roy Franedya, CNBC Indonesia
22 February 2021 17:10
Apple

Jakarta, CNBC Indonesia - Stereotipe populer yang sebut komputer Apple, Mac dan Macbook, tak bisa disusupi virus jahat malware ternyata tak benar. Pasalnya, telah ditemukan virus jahat di komputer Apple.

Terbaru ditemukan malware yang menyusup di prosesor M1 berbasis ARM baru Apple yang disematkan di MacBook Pro, MacBook Air dan Mac Mini pada November 2020. Malware ini disebut Silver Sparrow.

Virus jahat Silver Sparrow ditemukan bersembunyi di 30.000 komputer Mac. Silver Sparrow merupakan malware membombardir komputer dengan iklan atau Adware. Virus ini dirancang untuk mengirimkan muatan yang belum diketahui, dan dengan mekanisme menghancurkan diri yang mungkin menghapus jejak apapun.


"Adware ini tidak menunjukkan perilaku yang sering kita duga dari adware biasa yang menargetkan sistem macOS," tulis analis intelijen Red Canary, Tony Lambert, seperti dikutip dari CNN International, Senin (22/2/2021).

Belum diketahui apa yang menjadi target malware iklan ini dan apa yang memicu fungsi tiu. Namun yang pasti Silver Sparrow berisi kode yang berjalan dengan baik pada chip M1 internal Apple.

"Meskipun kami belum menemukan Silver Sparrow mengirimkan muatan berbahaya tambahan, kompatibilitas dengan chip M1 menunjukkan Silver Sparrow adalah ancaman yang cukup serius," tulis para peneliti.

Silver Sparrow menginfeksi Mac di 153 negara pada 17 Februari, dengan konsentrasi yang lebih tinggi dilaporkan di AS, Inggris, Kanada, Prancis, dan Jerman, menurut data dari Malwarebytes, situs web yang memblokir serangan ransomware.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading