Vaksinasi Tahap 1 Dijalankan, Bagaimana Efektivitasnya?

Tech - Thea Fathanah Arbar, CNBC Indonesia
20 February 2021 08:45
Vaksinasi Covid-19 terhadap para pedagang di Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat, Rabu (17/2/2021). Sebanyak 1.500 pedagang disuntik vaksin setiap hari, lokasi vaksinasi ada di dua titik, yakni di lantai 8 dan lantai 12 Blok A Pasar Tanah Abang. Ada 9.000 pedagang yang sudah terdata untuk menerima vaksin. (CNBC Indonesia/Tri Susilo)

Jakarta, CNBC Indonesia - Pemerintah telah menggalakkan vaksinasi tahap pertama bagi sejumlah tenaga kesehatan, pejabat publik, maupun tokoh masyarakat. Lantas, bagaimana efektivitasnya?

Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 dari Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmizi mengungkapkan pihaknya belum dapat membeberkan efektivitas vaksin tahap pertama.

Hal ini Nadia beberkan dalam konferensi pers yang berlangsung secara daring, Jumat (19/02/2021) malam.


"(Apakah) cakupan vaksinasi tahap pertama sudah memberikan dampak, seperti penurunan penularan, penurunan angka kesakitan, ini masih terlalu dini kalau untuk kita mengevaluasinya," ujar Nadia saat konferensi pers, Jumat (19/02/2021) malam.

Menurutnya, orang-orang yang divaksinasi pada tahap pertama dengan total sasaran 1,48 juta, belum mendapatkan suntikan dosis kedua, sehingga menurutnya masih terlalu dini untuk mengetahui keefektifan vaksin.

"Kita tahu bahwa antibodi itu baru optimal terbentuk setelah 28 hari," katanya.

"Kalau kita lihat, dengan cakupan 181,5 juta untuk kita mampu melakukan tahap awal pengendalian pandemi dan kemudian nanti adalah kekebalan kelompok (herd immunity) yang muncul ini angkanya masih sangat jauh. Ini masih terlalu dini," tambahnya.

Setelah tahap pertama vaksinasi untuk tenaga kesehatan, tahap kedua vaksinasi Covid-19 akan mulai diberikan untuk masyarakat lanjut usia (lansia) yang telah dimulai beberapa hari lalu. Pemerintah telah menyiapkan 7 juta dosis vaksin Covid-19 demi memuluskan program tersebut.


[Gambas:Video CNBC]

(wia)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading