Apa Itu Bitcoin & Kenapa Harganya Cetak Rekor Terus?

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
15 February 2021 10:30
FILE PHOTO: Bitcoin (virtual currency) coins placed on Dollar banknotes, next to computer keyboard, are seen in this illustration picture, November 6, 2017.  REUTERS/Dado Ruvic/Illustration/File Photo

Jakarta, CNBC Indonesia - Sejak beberapa waktu lalu, nilai Bitcoin memang terus menanjak naik. Misalnya pada minggu lalu yang mencapai US$48 ribu atau sekitar Rp671,3 miliar. Lalu apa itu Bitcoin dan mengapa sangat menarik?

Bitcoin kerap digambarkan sebagai mata uang virtual atau digital. Seperti sebutannya, Bitcoin memang uang yang sepenuhnya virtual atau uang tunai dengan versi online.

Pengguna dapat menggunakannya sama seperti uang pada umumnya, yakni membeli produk atau membayar sebuah layanan. Namun hingga sekarang belum banyak toko bahkan negara yang mengakui keberadaan bitcoin, dikutip BBC, Senin (15/1/2021).


Setiap Bitcoin pada dasarnya adalah file komputer yang disimpan dalam aplikasi dompet digital di smartphone atau komputer. Jadi orang bisa mengirimkan Bitcoin ke dompet digital. Setiap transaksi dicatat dalam daftar publik yang disebut blockchain.

Dengan blockchain maka pengguna bisa melacak transaksi Bitcoin bahkan menghentikan seseorang membelanjakan koin digital yang tidak dimiliki, membuat salinan hingga membatalkan transaksi.

Cara mendapatkan Bitcoin ada tiga cara. Yakni, menukarnya dengan uang resmi (membelinya), menjual benda dan menerima pembayaran dalam bentuk Bitcoin atau menciptakannya melalui komputer atau menambang.

Total Bitcoin di dunia ini dibatasi 21 juta keping saja. Saat ini 18,5 juta keping telah ditambang. Sisanya 2,5 juta yang belum ditambang. Setelahnya tidak ada lagi pasokan Bitcoin di pasar cryptocurrency.

Lantas kenapa Bitcoin berharga? Itu karena banyaka orang mempercayainya suatu saat nanti Bitcoin akan menjadi mata uang yang dipakai banyak orang di seluruh dunia.

Harga Bitcoin Cetak Rekor Terus, Kenapa?
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2 3
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading