China Getol Uji Uang Digital Yuan Lawan Bitcoin, Ini Buktinya

Tech - Roy Franedya, CNBC Indonesia
08 February 2021 14:04
Yuan Digital (Twitter/@lingzh1220)

Jakarta, CNBC Indonesia - Ibu Kota China, Beijing akan menguji uang digital Yuan, penantang Bitcoin, selama tahun baru Imlek 2021. Sebanyak US$1,5 juta atau setara Rp 21 miliar (asumsi Rp 14.000/US$).

Dalam uji coba ini, pemerintah Beijing akan memilih 50.000 warga untuk mendapatkan dana 200 yuan digital atau setara US$30. Uang ini bisa ditransaksikan di beberapa toko offline atau belanja online di JD.com.

Uji coba ini akan berlaku 10-17 Februari 2021. Mereka yang namanya diundi harus menggunakan KTP China atau penduduk Hong Kong, Macao atau Taiwan yang dapat izin tinggal di Beijing.


Beijing akan menjadi kota ketiga yang menguji uang digital Yuan. Sebelumnya Shenzhen dan Suzhou sudah melakukan uji coba beberapa bulan lalu, seperti dikutip dari CNBC International, Senin (8/2/2021).

Bank Sentral China atau People Bank of China (PBoC) mengembangkan uang digital sendiri dengan harapan bisa bekerja dalam sistem pembayaran untuk menggantikan uang tunai yang pengelolaannya berbiaya mahal.

Uang digital ini berbeda dengan Bitcoin di mana penerbitan dan jumlah uang yang beredarnya di kontrol oleh bank sentral. China sendiri sudah melarang warganya bertransaksi Bitcoin.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading