Kapan Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 12 Dibuka?

Tech - Rahajeng Kusumo Hastuti, CNBC Indonesia
06 February 2021 12:54
Infografis: Ini Deretan Kursus Online Paling Diminati di Kartu Prakerja

Louisa Tuhatu juga meminta masyarakat waspada terhadap informasi palsu tentang pendaftaran Prakerja. Pasalnya, beberapa waktu lalu, PMO Kartu Prakerja melakukan penelusuran dan menemukan, beredarnya pesan tidak resmi yang mengatakan pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 12 telah dibuka.

Salah satunya https://dashboard.prakerja12.xyz yang mengklaim sebagai tempat registrasi program Kartu Prakerja yang menawarkan bantuan biaya sebesar Rp 600 ribu yang ditujukan untuk pencari kerja pekerja ter-PHK atau pekerja yang membutuhkan peningkatan kompetensi.

"Pesan ini adalah hoaks yang bermaksud mengelabui masyarakat dan mencuri data pribadi. Kami meminta masyarakat untuk berhati-hati dalam memberikan data pribadi di situs yang tidak benar," ujar Louisa beberapa waktu lalu.


Saat ini Kartu Prakerja hanya memiliki satu situs resmi, www.prakerja.go.id. Pendaftaran peserta baru akan dilakukan secara online melalui situs tersebut. Tidak ada situs lain yang digunakan untuk mendaftarkan program ini.

"Pembukaan gelombang 12 akan diumumkan melalui media dan media sosial resmi Kartu Prakerja, Instagram dan Facebook, dengan nama akun @prakerja.go.id," terangnya.

Survei Badan Pusat Statistik (BPS) pada Agustus 2020 menunjukkan, sebanyak 66,47% peserta Kartu Prakerja berstatus masih bekerja sebanyak 22,24% peserta berstatus penganggur, dan 11,29% termasuk golongan bukan angkatan kerja.

Dari kelompok yang masih berstatus bekerja tersebut, 63% peserta bekerja penuh dan 36% berstatus setengah penganggur.

Sambil menunggu pendaftaran program Kartu Prakerja, Anda bisa check kembali apa saja persyaratan dan bagaimana cara mendaftar program Kartu Prakerja.


[Gambas:Video CNBC]

(dob/dob)
HALAMAN :
1 2
Artikel Selanjutnya

Duit Prakerja 'Salah Kirim' Sudah Balik ke Negara Rp 1,3 T

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading